Calon Kepala Desa di Bintan Mesti Miliki Program Pemulihan Ekonomi Desa

Loading...

Suarasiber.com – Sejumlah desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Kepri segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Terkait hal ini, ada satu hal yang diwanti-wanti oleh Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

Putra dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad ini ingin agar calon kepala desa yang bertarung di Pilkades memiliki program pemulihan ekonomi desa.

Hal ini dirasa Roby sangat penting mengingat saat ini masih dalam masa PPKM dan perekonomian masyarakat teruruk karena Covid-19.

“Selain visi misi pemulihan ekonomi desa, calon kepala desa harus peduli dengan program padat karya,” ujar Roby saat menghadiri ikrar Pilkades damai di Aula Kantor Bupati Bintan, Jumat (5/11/2021).

Pada ikrar Pilkades damai ini, seluruh calon yang akan bertarung harus membubuhkan tandatangannya. Mereka harus siap menang dan kalah serta menjaga pesta demokrasi ala desa ini berjalan aman dan lancar.

Tahun ini, Kabupaten Bintan akan menggelar Pilkades serentak di 3 desa yakni Desa Malang Rapat (Kecamatan Gunung Kijang), Desa Dendun (Kecamatan Mantang) dan Desa Sebong Lagoi (Kecamatan Teluk Sebong).

“Keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan kerja sama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kepala desa, panitia dan pengamanan,” ujar Roby.

Ia juga menggarisbawahi, protokol kesehatan masih harus ditaat saat penyelenggaraannya nanti.

Pilkades ini dijadwalkan 23 November 2021 mendatang. Dari 3 desa yang menyelenggarakan Pilkades, ada 11 calon yang akan mengikutinya.

Pilkades di Desa Malang Rapat dan Desa Dendun digelar lantaran masa jabatan pejabat sebelumnya sudah habis.

Sementara Pilkades di Desa Sebong Lagoi dilaksanakan karena Pergantian Antara Waktu (PAW). Kades sebelumnya diberhentikan sehingga harus ada penggantinya. (fut)

Loading...