Pemprov Kepri Peringati HUT ke – 28 Hari Otonomi Daerah Tahun 2024

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri menggelar upacara peringatan ke-28 Hari Otonomi Daerah tahun 2024 di Halaman Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (25/4)..

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara, bertindak sebagai Inspektur pada kegiatan tersebut.

Peringatan Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Membacakan sambutan tertulis Mendagri Tito Karnavian, Sekda Adi menyampaikan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskannya, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis. Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau Civil Society.

Otonomi juga menjadi hal penting untuk memajukan pembangunan di tingkat lokal. Pemprov Kepri sendiri berkomitmen mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah demi kesejahteraan masyarakat.

Upacara ini, diikuti para pimpinan OPD Kepri, para ASN, PPPK dan THL dilingkungan pemerintah Kepri, para pimpinan Instansi Vertikal Kepri, para pimpinan FKPD Kepri, perwakilan dari TNI dan Polri. (edy w)

Editor Ady Indra P

Loading...