Wakil Bupati Bintan Buka Festival Keter Jong Race 2024

Loading...

Suarasiber.com – Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith didampingi Sekda Bintan, Ronny Kartika secara resmi membuka Festival Keter 2024 di Kampung Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Sabtu (2/3) pagi.

Pembukaan festival tersebut ditandai dengan pelepasan sampan layar mini tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan jong.

Dalam sambutannya, Ahdi Muqsith menuturkan bahwa dirinya berharap agar setiap budaya Melayu yang menjadi ciri khas masyarakat Bintan seperti Jong Race ini harus terus dilestarikan.

“Pelestarian adat istiadat dan budaya melayu tidak lepas dari peran serta kita semua, di mana mempertahankan sebuah kebudayaan tentu harus ada perhatian dari seluruh unsur, baik pemerintah daerah, kecamatan, kelurahan hingga masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono menuturkan bahwa Festival Keter 2024 telah menjadi agenda pariwisata Kabupaten Bintan setiap tahunnya. Kegiatan ini diharapkan sebagai bagian dari pelestarian permainan tradisional sekaligus menjadi daya tarik wisata.

“Untuk tahun 2024 ini, ada 23 tim yang mengikuti kegiatan Jong Race yaitu sebanyak 400 peserta. Selain lomba Jong, juga ada pertandingan tradisional lainnya yaitu lomba anyam ketupat, lomba lari bakiak, lomba lari patok kelapa dan lainnya,” tuturnya. ***

Loading...