TP PKK Tanjungpinang Gelar Pemeriksaan IVA dan KB Gratis Sampai 11 November

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP menjelaskan jika penyakit tidak menular menunjukkan angka peningkatan.

“Penyakit menular sebelumnya mendominasi penyakit yang ada di masyarakat kita. Namun saat ini Penyakit Tidak Menular (PTM) terus mengalami peningkatan dan bahkan angka kesakitannya sudah melebihi kasus penyakit menular,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Rahma saat menghadiri penyuluhan dan pemeriksaan IVA, Sadanis dan pelayanan KB memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Aula Puskesmas Batu 10, Kamis (4/11/2021).

Pada kesempatan ini, Rahma didampingi Wakil Wali Kota, Endang Abdullah.

Sebelumnya Rahma mengatakan pemerintah bertanggung jawab untuk memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan.

“Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang diatur dalam Undang-Undang, bahwa pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” katanya.

Karenanya, untuk pengendalian penyakit tidak menular di masyarakat, Tim Penggerak PKK memberikan andil dan peran yang sangat besar.

Khususnya dalam menggerakkan masyarakat dengan melakukan pemeriksaan dini, seperti yang dilaksanakan saat ini.

Ditambahkannya, kegiatan pemeriksaan IVA dan pelayanan KB Gratis dilaksanakan di 7 Puskesmas mulai Tanggal 1 November sampai 11 November 2021.

“Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan partisipasi dan dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan ini demi mewujudkan lingkungan yang sehat di masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Agung Wira Darma mengatakan TP-PKK berperan dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis.

“PKK mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, dimana perempuan sehat cermin keluarga sehat,” kata dia.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan wanita dengan mendeteksi secara dini penyakit yang mungkin ada.

“Dengan mengecekan dini dapat mendeteksi penyakit tidak menular seperti kanker servik dan lainnya. Jumlah peserta ditargetkan sebanyak 140 orang, terdiri dari Pasangan Usia Subur atau Wanita Usia Subur dari 7 Puskesmas dengan 20 orang per wilayah Puskesmas Se-Kota Tanjungpinang,” sebut Agung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dra. Endang Susilawati; Kepala Dinas Kesehatan PP & KB, Dr. Elfiani Sandri, MPH; seluruh kepala Puskesmas Kota Tanjungpinang; perwakilan Kantor Kemenag Tanjungpinang, Fajri Mubaraq, SH; seluruh Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang, dan segenap Pengurus TP PKK Kota Tanjungpinang. (ztr)

Loading...