Kejar 100 Persen Terdata, Disdukcapil Lingga Datangi Rumah ke Rumah

Loading...

Suarasiber.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga akan datangi rumah warga yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan.

Pelayanan ini dilakukan mengingat ada anggota masyarakat yang tidak dapat datang langsung ke kantor Disdukcapil karena kondisi yang tidak memungkinkan.

“Silakan hubungi kami jika ada warga yang tidak bisa melakukan perekaman E-KTP ke kantor. Seperti orang disabilitas, orang orang jompo atau keterbelakangan mental,” kata Plt Kadisdukcapil Lingga, Abdul Rani di ruang kerjanya, Selasa (18/1/2022).

Dikatakan, pelayanan jemput bola ini dilakukan Disdukcapil Lingga agar seluruh masyarakat memiliki administrasi kependudukan.

Tidak hanya untuk kepentingan pemerintah data kependudukan juga penting untuk masyarakat mendapatkan hak sebagai warga negara.

“Selain program ini, untuk memenuhi target perekaman E-KTP kami juga masih berkunjung ke desa desa di pesisir untuk melakukan perekaman,” ucapnya.

Saat ini, dari 75.306 warga yang wajib memiliki E-KTP di Kabupaten Lingga hanya 3.995 warga yang belum dilakukan perekaman.

Berbagai kendala, yang menyebabkan adalah warga tersebut saat didatangi tidak berada di tempat.

“Kami akan terus melakukan pemuktahiran hingga target 100 persen bisa terpenuhi,” imbuhnya.

Public Service of The Year

Meski Kabupaten Lingga terdiri dari banyak pulau, namun Diadukcapilnya bekerja keras untuk memutakhirkan data kependudukan.

Hingga pada 2019 lalu, Disdukcail Kabupaten LIngga terpilih sebagai Public Service of The Year 2019 dari lembaga independen MarkPlus Inc.

Demi tertib administrasi dan validitas data kependudukan di Kabupaten Lingga, Disdukcapil Kabupaten Lingga kerap terjun langsung ke lapangan, jemput bola, untuk mempercepat proses validasi dan update data tersebut.

“Ada hak-hak kependudukan warga negara yang harus dipenuhi, sesuai domisili orang per orang tersebut. Maka dari itu, validasi data dijadikan program prioritas Disdukcapil,” ungkap Kadiskudcapil Lingga yang kala itu dijabat Samsudi.(tengku)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...