free page hit counter

Ini Lho Bisa Diteladani, TKW Tak Lulus SD Kini Miliarder di Mekah

Loading...

Suarasiber.com – Punya ijazah tinggi namun belum dapat kerja atau sudah kerja isinya ngeluh melulu? Sebaiknya baca perjalanan Risma ini, seorang TKW asal Indonesia yang sukses di Mekah.

Kisah inspiratif Risma itu diposting oleh akun YouTube Faiz Slamet dan Sofi AW. Tentu saja Risma memulai usahanya dari skala sangat kecil, namun berkat kegigihannya mozetnya kini Rp 3,7 miliar.

Dilihat dari akun YouTUbe Faiz Slamet, Risma mengatakan usaha snack dan makanan ringan serta katering dirintisnya sendiri.

Almarhum ayahnya pernah ke ARab dan bekerja sebagai sopir, sementara ibunya mengurus rumah tangga. Barulah setelah usahanya berkembang Risma memboyong ibunya ke Mekah.

Anda mungkin kaget, karena awalnya Risma adalah seorang pedagang kakilima. Saat sudah mulai mengembangkan usahanya, ada 4 orang dijadikan karyawan.

“Itu pun masih saudara sendiri,” ungkap Risma.

Dari 4 karyawan kini Risma memiliki 80 karyawan. Namun begitu jumlah karyawan per tahunnya tak selalu sama, tergantung jumlah pesanan yang menggunakan jasa kateringnya.

Risma juga sudah menyewa sebuah apartemen senilai Rp500 juta setahun. Apartemen ini memiliki 27 kamar dan 13 toilet. Di sinilah ia memusatkan kegiatannya serta memberikan karyawan tempat tinggal,

Jiea pengusaha sudah mengalir dalam darah Risma. Dan kisah pengusaha bukan hanya untung, namun juga buntung atau rugi,

Risma pun pernag merugi hingga Rp1,4 miliar karena mengambil kontrak hotel terlalu banyak. Kala itu ia meneken kontrak dengan 5 hotel, namun ternyata tak mampu memenuhinya.

Kala itu ia tak memikirkan jumlah karyawan dan ternyata kurang orang untuk menyelesaikan pekerjaan. Kini ia belajar dari kesalahan dengan hanya mengambil kontrak dari dua hotel.

Sebagai salah satu contoh untuk menggambarkan Risma adalah pengusaha katering sukses di Mekah, untuk membayar listriknya saja selama sebulan harus merogoh kocek Rp40 juta.

Di YouTube Faiz Slamet, ditayangkan betapa megahnya aperteman yang ditangani Risma. Ada kolam renangnya, ada panggung hiburan serta bangunan yang di Mekah disebut majelis. Hebatnya, Risma juga menyewakan tempatnya untuk acara-acara. (man)

Loading...