14 Negara yang Terjun ke Jurang Resesi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Resesi adalah hantu yang tak terlihat namun kehadirannya membuat khawatir. Datangnya pandemi Covid-19 mengakibatkan belasan negara maju atau berkembang bertekuk lutut ke jurang resesi.

Resesi itu melanda, baik resesi teknikal maupun betulan. Mau tahu negara mana saja yang terkena sikutan pandemi Covid-19? Berikut daftarnya berdasarkan cnbc indonesia:

Malaysia

Dikutip dari Trading Economics, ekonomi tercatat -16,5% (QtQ) pada triwulan kedua 2020. Sementara pada kuartal I, ekonomi sebelumnya -2%.

Secara basis tahunan (YoY) ekonomi -17,1%. Namun di kuartal I ekonomi masih positif 0,7%. Kemudian konsumsi rumah tangga merosot hingga 18,5% sementara investasi turun 28,9%.

Permintaan eksternal masih berkontribusi negatif ke PDB. Kondisi lain, ekspor dan impor turun tajam. Jasa produksi, sektor jasa dan manufaktur mengalami kontraksi. Pertambangan dan konstruksi juga turun.

Singapura

Catatan berdasarkan basis kuartalan (QtQ), ekonomi Singapura mengalami kontraksi sebesar 42,9% pada kuartal II 2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Sedangkan secara tahunan (YoY), ekonomi menyusut 13,2% pada kuartal yang berakhir 30 Juni.

Singapura merevisi perkiraan pertumbuhan ekonominya untuk 2020 menjadi kontraksi antara 5% sampai 7%. Pada bulan Mei sebelumnya, PDB Singapura diperkirakan akan menyusut antara 4%-7% tahun ini.

Filipina

Ekonomi Filipina masuk jurang resesi pertama pada rentang 29 tahun terakhir. Secara tahunan (YoY) PDB Filipina -16,6% di kuartal II 2020. Sebelumnya di kuartal I 2020, secara tahunan ekonomi juga -0,7%.

Secara kuartalan (QtQ), ekonomi Filipina di April hingga Juni juga -15,2%. Di kuartal I lalu dalam basis yang sama, ekonominya juga minus 5,1%. >>> berikutnya Thailand

Loading...