Ada Mercusuar di Bukit Semprong

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebelum Kota Tanjungpinang berkembang pesat ke arah Bintan Center sekitar tahun 2004 hingga sekarang, nama Bukit Semprong cukup dikenal di Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

Meski dulunya sangat dikenal, kini, nama itu sudah jarang terdengar. Tugu Pinsil, yang terletak di bawahnya jauh lebih populer sekarang ini. Bukit Semprong letaknya memang di sebelah atas Tugu Pinsil atau di antara Kampung Jawa dengan SMAN 5 Tanjungpinang.

Terlepas dari semakin hilangnya sebutan Bukit Semprong, yang jelas nama itu akan tetap dikenang karena keunikannya.

Sama seperti beberapa nama lainnya, ada beberapa versi tentang asal usul nama Bukit Semprong itu. Salah satu versinya disampaikan Koordinator Perpustakaan dan Dokumentasi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri, Dedi Arman menjawab suarasiber.com, Sabtu (26/1/2019).

Baca Juga :

http://suarasiber.com/2019/01/aluan-hentikan-saja-daripada-membuang-energi-dan-waktu/

12 Pulau di Kepri Ini Tengah Didandani sebagai Primadona Wisata Unggulan

Ini Penyebab Avanza Terjang Pot Bunga Besar hingga Hancur

Audiensi ke Wako Tanjungpinang, PWI Sampaikan Bad News is Good News Tak Relevan Lagi

Polda Kepri Bentuk Satgas Awasi Dana Bansos 2019

Menurut Dedi, dinamakan Bukit Semprong karena daerah ini merupakan daerah perbukitan, dan rumah penduduk terletak di lereng bukit tersebut.

Di bukit ini dulunya, ujar Dedi, ada mercusuar untuk membantu navigasi pelayaran. Sehingga dari jauh mercusuar itu terlihat seperti semprong (lampu kecil) yang indah dipandang. Dan, kemudian berkembang menjadi sebutan nama bukit tersebut.

Informasi yang diperoleh suarasiber dari berbagai sumber, di perairan di bawah Tugu Pinsil dulunya terdapat sebuah dermaga atau pelabuhan kuno. Bekas pelabuhan sudah lenyap.

Namun, jika dikaitkan dengan kisah Bukit Semprong, keberadaan pelabuhan kuno itu jadi saling berhubungan. Di masa navigasi belum seperti sekarang, mercusuar memang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap kapten kapal. Selain cuaca yang cerah untuk melihat petunjuk arah dari bintang di gelap malam. (mat)

Loading...