Lancarnya Penambangan Pasir Liar di Galang Batang, Kabupaten Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Aktivitas penambangan liar hingga, Senin (2/9/2019) masih terus berjalan lancar di kawasan Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Tepatnya di sekitar Kampung Masiran, Galang Batang.

pasir darat 1
Penambangan pasir darat di salah satu lokasi. Foto – istimewa

Jika sebelumnya batu granit yang jadi objeknya, kini pasir darat yang ditambang secara liar. Aktivitas ini berlangsung dari pagi hingga petang, dan dalam sehari bisa puluhan metrik ton pasir darat yang dihasilkan.

“Kemarin (Senin, 2/9/2019), kami melakukan pemantauan langsung ke lokasi. Dari hasil pantauan langsung kami lihat ada empat unit mesin isap pasir yang beroperasi,” kata aktivis warga yang minta namanya ditulis Ali kepada suarasiber.com, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga:

Anggota DPRD 2019 – 2024 Kabupaten Anambas Dilantik

Provinsi Kepri, Riau, Johor dan Malaka Bekerja Sama untuk Kekuatan Ekonomi

Pesan Plt Gubkepri di Pelantikan DPRD Baru Bintan

Menurut Ali, selama dua jam melihat langsung aktivitas pertambangan pasir tersebut diperoleh data. Bahwa, jumlah pasir yang keluar dari satu unit mesin isap, adalah 10 lori atau truk. Setiap lori berkapasitas sekitar tiga ton.

“Atau rata-rata lima lori perjam per satu unit mesin isap. Harga pasir di lokasi sekitar Rp190.000 per lori. Sedangkan upah pekerja sekitar Rp70.000,” ungkap Ali, sembari menambahkan apa yang disampaikannya, adalah fakta di lapangan. (mat)

Loading...