Postingan Begal di Dompak Hoax!

Loading...

Suarasiber.com – Ramai postingan di media sosial soal seorang warga yang menjadi korban begal di Dompak, Tanjungpinang, baru-baru ini. Informasi ini pun segera diposting ulang akun lainnya sehingga viral.

Video viral itu mengisahkan seorang warga dibegal di Jalan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang pada Minggu (5/5/2024) sekitar pukul 15.30 WIB.

Polisi dari Polresta Tanjungpinang pun langsung turun untuk mencari tahu kebenarannya.

Pada hari Rabu (8/5/2024) polisi menjemput Rendy Wijaya (21) warga Kampung Sei Sudip, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang yang di video viral ditampakkan sebagai korban pembegalan.

Foto – humas polresta tanjungpinang

Kapolresta Tanjungpinang melalui Kapolsek Bukit Bestari AKP Yuhendri Januar menjelaskan, dalam pemeriksaan akhirnya diketahui jika informasi pembegalan itu hoax atau kabar bohong.

“Kami lakukan pemeriksaan dan ditemukan fakta bahwa yang bersangkutan secara spontan merekayasa telah menjadi korban begal karena frustasi masalah pribadi (keluarga). Ia emosi dan kesal terhadap dirinya sendiri,” terang AKP Yuhendri.

Pengunggah video pembegalan adalah M Darwin, yang membuat konten berdasarkan pengakuan Rendy. Darwin sendiri merupakan ipar Rendy.

Unggahan Darwin pun diunggah ulang oleh beberapa akun medsos lain yang memiliki pengikut besar sehingga berita ini pun viral.

“Padahal sebenarnya tidak tahu situasi sebenarnya dan hanya ingin mencari viewer,” ungkap Yuhendri.

Rendy dan M Darwin pun membuat surat pernyataan berupa video klarifikasi dan menghapus postingan terkait begal.

Yuhendri meminta warga melapor ke kantor polisi jika menjadi korban tindak pidana. Jika kantor polisi cukup jauh, bisa melalui call center 110. (***/syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...