Puspen Kemendagri Gembleng ASN Kehumasan Biar Rilisnya Objektif, Menarik dan Aktual

Loading...

Suarasiber.com – Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri menggelar kegiatan peningkatan kapasitas di bidang publikasi dan kehumasan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain diajari bagaimana mengelola kehumasan, pelatihan juga memetangkan bagaimana penulisan pers rilis. Kegiatan berlangsung di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

ASN yang selama ini menangani media dan kehumasan diberikan materi dan praktik selama sehari penuh.

Narasumber berasal dari praktisi, pakar, ahli yang profesional dan Tim Media Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri.

Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri, Agus Fatoni mengingatkan pentingnya peran kehumasan media di era keterbukaan dan revolusi industri 4.0 saat ini.

“Masyarakat perlu diberikan informasi yang objektif, aktual dan menarik,” ungkap Fatoni.

Ia menilai, publikasi kegiatan pemerintah perlu dilakukan, agar masyarakat bisa merasakan kehadiran negara dan pemerintah. Masyarakat juga perlu mengetahui pemerintah bekerja siang dan malam.

Karenanya pemerintah perlu mempertanggungjawabkan apa yang dilakukannya. Salah satunya dengan penyampaian informasi tersebut kepada masyarakat.

“Kalau perlu, kita isi dunia langit (dunia maya) dengan berita-berita yang positif, mendidik dan menghibur. Sehingga bisa mengalahkan berita-berita provokatif, hoax, fitnah dan menghasut. Ini tugas kita (ASN), bersama,” tegasnya.

Fatoni mengajak ASN meningkatkan kemampuan, mengasah keterampilan dan menambah wawasan. Tujuannya adalah output sajian berita dan data yang informatif dan menarik, akurat serta bisa dipertanggungjawabkan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...