Rahma Bersama Mahasiswa Tanjungpinang Sepakat Berantas Hoax di Masa Pandemi

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sepakat dalam memberantas hoax dimasa pandemi.

Salah satu wujud gerakan yang digagas para mahasiswa ialah lomba video bertemakan “Waspada Hoax di Masa Pandemi”.

Lomba ini ternyata banyak medapatkan respon positif. Dari 16 peserta yang ikut serta, sebanyak 9 video masuk dalam kategori penilian juri.

Juri yang diundang untuk menilai hasil karya peserta lomba video ialah Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando; Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMRAH, Yudahnto, serta Wartawan Metro TV di Tanjungpinang, Panca Bramasto.

Pemenang pertama diraih oleh Adrianus Ronaldi Ama Beda, ke-2 Jaka Irwandi dan pemenang ke-3 Siti Aqidatul Munawaroh. Mereka menerima hadiah yang diserahkan Wali Kota Rahma di Senggarang, Senin (04/10/2021).

Ketua HMIP FISIP UMRAH, Conni menjelaskan lomba video merupakan upaya mahasiswa turut mengkampanyekan waspada hoax.

“Pesan ini pertama untuk rekan sesama mahasiswa, juga masyarakat. Jangan langsung percaya atas informasi yang diperoleh, kroscek dahulu kebenarannya,” ujarnya.

Mengapa dipilih lomba video, sebab, kata dia, video sekarang sudah menjadi keseharian masyarakat termasuk mahasiswa. Hal ini bisa dilihat dari berkembangnya YouTube.

“Bentuk edukasi yang kita berikan ke masyarakat dengan saluran video kreatif karena masyarakat lebih mudah memahaminya,” ujarnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengaku bangga dengan gagasan HMIP FISIP UMRAH.

“”Saya sangat mendukung dan bangga atas kegiatan yang telah dilakukan. Artinya mahasiswa turut serta membantu pemerintah dalam mengkampanyekan waspada hoax,” ujar Rahma.

Ia pun berharap mahasiswa di Tanjungpinang dapat terus memberikan kontribusi dalam kemajuan Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

Status Level 1 PPKM yang disandang Kota Tanjungpinang, kata Rahma, harus membuat mahasiswa kembali berkreasi. “Teruslah berkarya untuk mahasiswa,” kata Rahma memberikan semangat. (man)

Loading...