Ratusan Pelajar dan Warga Ikuti Vaksinasi Massal Binda Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Ratusan pelajar dan masyarakat umum mengikuti vaksinasi massal yang digelar Badan Intelijen Daerah (Binda) Kepri, Sabtu (11/12/2021). Kegiatan vaksinasi massal tersebut digelar Binda Kepri di 6 titik, di wilayah Kabupaten Bintan dan Kota Batam.

Untuk wilayah Kabupaten Bintan, vaksinasi massal dipusatkan di Gedung Nasional Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Puskesmas Kijang Kecamatan Bintan Timur dan Posyandu Asoka Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang.

Sedangkan di wilayah Kota Batam, vaksinasi digelar di pemukiman rumah liar Tiban I Blok D RT02/RW03 dan perumahan Akasia Garden RT04/RW15 Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang. Selain itu juga digelar vaksinasi massal di Bengkong Sadai Blok D Nomor 11 RT06/RW10 Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong.

Pada saat penyelenggaraan di Puskesmas Kijang, masyarakat dan kalangan pelajar terlihat antusias. Peserta terlihat antre, saat ingin mendapatkan pelayanan vaksinasi tersebut. Sebelum antre, masing-masing peserta mencuci tangan dan sebagian menggunakan hand sanitizer. Kemudian mengecek suhu tubuh, serta mengambil tempat dengan pengaturan jarak tersebut. Semuanya mengenakan masker, saat melakukan screening hingga disuntik vaksin.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 ini, Binda Kepri bekerja sama dengan tim vaksinator dari Dinas Kesehatan. Serta dibantu dari TNI-Polri dan pemerintah setempat.

“Alhamdulillah, saya sudah divaksin. Awalnya, saya kira sakit. Tapi ternyata vaksin ini tidak sakit. Bagi teman-teman yang belum vaksin, ayo segera vaksin,” kata Keisha Ananda, seorang pelajar yang mengikuti vaksinasi dosis pertama di Puskesmas Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Kabinda Kepri Brigjen Pol RC Gumay melalui Kabagops Binda Kepri, Kolonel Chb Komara Manurung menyebutkan, total sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi Sabtu (11/12/2021), ditargetkan bisa mencapai lebih dari 700 orang.

“Berbagai upaya kita tempuh untuk mengajak masyarakat yang belum divaksin atau belum mendapat vaksin dosis lanjutan, agar hadir dan mengikuti vaksinasi di lokasi yang disediakan,” jelas Kolonel Chb Komara Manurung saat memberikan keterangan.

Komara menambahkan, animo masyarakat cukup tinggi dengan adanya dukungan dari perangkat RT/RW yang aktif dalam memberikan sosialisasi di wilayahnya, baik dengan mendatangi rumah-rumah warga maupun memberikan pengumuman menggunakan toa masjid.

“Tak hanya itu, bahkan dalam pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bintan, Kodim 0315/Bintan juga mengerahkan Babinsa untuk menjemput warga hinterland menggunakan kapal pompong,” ungkapnya.

Dukungan dari berbagai pihak dalam pelaksanaan vaksinasi sangat membantu kesuksesan pemerintah dalam mencapai target 100 persen capaian vaksinasi di wilayah perbatasan Provinsi Kepri.

Sesuai dengan data dari Dinas Kesehatan Kepri, hingga 10 Desember 2021, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis I bagi masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah mencapai 92,95 persen atau 1.276.611 orang. Sedangkan dosis lanjutan baru mencapai 74,69 persen atau 1.025.794 orang.

Sementara capaian vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun untuk dosis I mencapai 97,29 persen atau 202.030 orang dan dosis lanjutan mencapai 81,05 persen atau 168.320 orang.

Pada kesempatan lain, Kapolsek Bintan Timur AKP Suardi SE mengatakan, pihaknya turut membantu kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Binda Kepri itu. Pihaknya juga menyosialisasikan agar pelajar dan masyarakat yang ikut vaksin, untuk menaati protokol kesehatan (Prokes).

“Walaupun sudah vaksinasi, jangan lupa memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi,” kata Suardi singkat. (yusfreyendi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...