Sekilas Apri Sujadi, Bupati Bintan yang Jadi Tersangka KPK

Loading...

Suarasiber.com – Kabar soal kasus yang menjerat Apri Sujadi sebenarnya sudah lama terdengar di Bintan atau Kepri. Namun seiring berjalannya waktu kabar tersebut bahkan ada yang menganggapnya sebagai isu.

Lalu ketika semalam tiba-tiba KPK menetapkannya sebagai tersangka tindak pidana korupsi terkait pengaturan barang kena cukai dalam pengelolaan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (KPBPB) wilayah Kabupaten Bintan 2016-2018, namanya kembali diperbincangkan.

Lalu, seperti apa profil Apri Sujadi? Berikut ringkasannya.

Apri Sujadi lahir dan besar di Kijang, Kabupaten Bintan. Ia lahir tanggal 21 April 1977.

Di bidang pendidikan, Apri merupakan lulusan SDN 018 Kijang Bintan Timur, SMP N 1 Kijang Bintan Timur, dan SMA Antam Kijang Bintan Timur

Bupati Bintan periode 2016-2021 ini merupakan lulusan Ilmu Pemerintahan Universitas Riau.

Kiprahnya di dunia politik dimulai pada akhir 2006 setelah ia mengundurkan diri dari kursi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan.

Ia pernah menduduki kursi wakil ketua DPRD Bintan di tahun 2009 hingga 2014. Ia akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Kepri di tahun 2014 lalu.

Di partainya, Apri pernah menjabat Ketua DPC Demokrat Bintan. Kemudian 2011 menjadi Ketua DPD Demokrat Kepulauan Riau di tahun 2011. Ia tercatat sebagai Ketua DPD Demokrat termuda kedua se-Indonesia.

Dari legislatif beralih ke eksekutif. Apri mencalonkan diri sebagai bupati Bintan pada tahun 2016 silam dan terpilih. Ia menggantikan posisi Ansar Ahmad, Bupati Bintan periode 2005-2015, yang sekarang Gubernur Kepri.

Apri menang lagi di perdiode kedua berpasangan dengan Robby Kurniawan. Pasangan ini diusung Demokrat, Golkar, PKS, Hanura, dan PAN.

Saat ramai-ramainya KLB Moeldoko, Apri dipecat dari jabatan ketua DPD Demokrat Kepri lantaran diketahui menghadiri KLB itu.

Perjuangan yang cukup panjang itu akhirnya membuat publik terhenyak karena kini namanya tersandung dalam kasus yang sedang ditangani oleh KPK bersama Plt Kepala BP Kawasan Bintan, Mohammad Saleh Umar. (fut)

Loading...