Pandu Sjahrir: Elon Musk Ubah Jadwalnya Demi Bertemu Jokowi

Loading...

Suarasiber.com – Pertemuan Bos Tesla, Elon Musk dengan Presiden Joko Widodo sudah direncanakan hampir setahun silam.

Menurut Direktur TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir, hal itu diawali dengan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang sempat bertemu Elon Musk, Selasa (26/4/2022).

Padahal, untuk bisa bertemu rencana sudah disusun 8 bulan silam. Namun rencana pertemuan ini semakin intensif sejak dua bulan belakangan.

“Pertemuan Luhut dan Elon Musk sudah diagendakan sejak 8 bulan yang lalu,” terang Pandu, mengutip detik.com, Jumat (20/5/2022).

Peluang pertemuan antara Luhut dan Elon semakin terbuka setelah ada kesepakatan antara CATL dan LG. “Nah dari sisi Teslanya semangat, dia bertanya apa yang bisa dikerjain,” ujar Pandu.

Pandu yang ikut dalam rombongan Luhut saat bertemu Elon Musk mengatakan, dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu sangat berisi. Elon Musk sangat fokus sekali pun terlihat kurang tidur lantaran di hari yang sama dia mengeluarkan pengumuman akan membeli Twitter.

“Jadi yang hebat dari dia (Elon Musk) itu, dia sangat fokus. Dia sangat tahu tentang Indonesia, 270 juta populasi, 150 juta middle class growing dan sebagainya,” kata Pandu yang lahir di Boston, Amerika Serikat.

Saat bertemu Elon itulah Luhut memberitahu jika Presiden Jokowi akan hadir di Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN dan AS yang digelar di Washinton DC, Amerika Serikat pada 11-13 Mei 2022.

Luhut pun bertanya, bisakah Elon bertemu Presiden Jokowi. Tawaran itu langsung disambut baik, bahkan menurut Pandu Elon harus mengubah agendanya agar bisa bertemu Presiden Jokowi.

Mengomentari nyinyiran orang soal gaya berpakaian Elon yang hanya mengenakan kaos, Pandu memberi penjelasan. Saat ia mendampingi Luhut sebenarnya ia dan pendamping lain akan mengenakan kaos namun tidak diperbolehkan.

“Wong Pak Luhut pake jas ya kita harus ikut pake jas, padahal kita udah siap pakai hoodie,” seloroh Pandu.

Pandu pun meyakini janji Elon Musk datang ke Indonesia akan terwujud. Sebab dari beberapa meeting yang dilakukan Elon Musk sikapnya konsiten dan kehadiran Elon Musk akan menjadi sinyal yang bagus untuk kemajuan Indonesia. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...