34 Laga Tak Terkalahkan, Italia Lupa Rasanya Kalah

Loading...

Suarasiber.com – Timnas Italia baru saja menjuarai Euro 2020, setelah mengalahkan Inggris di final melalui adu tendangan penalti. Kemenangan itu tak hanya menjadikan Italia punya 2 trofi Piala Eropa. Tapi juga membuat Italia mencetak rekor 34 laga tak terkalahkan.

Italia tak terkalahkan sejak akhir 2018 lalu. Adalah Portugal yang terakhir mengalahkan Italia dengan skor 1-0. Namun, sejak kekalahan itu anak asuh Roberto Mancini sudah lupa apa rasa kekalahan.

Meski sudah 34 kali tak terkalahan, akan tetapi Italia belum menyamai rekor yang dimiliki timnas Brasil dan Spanyol. Kedua negara itu punya rekor 35 kali tak terkalahlan di semua ajang.

Brasil mencetak rekor itu di tahun 1993-1996. Pada masa itu, Brasil punya sejumlah pemain hebat, antara lain Dunga, Bebeto, Romario, Ronaldo dan lain-lain. Rekor itu disertai dengan raihan juara Piala Dunia tahun 1994.

Sementara Spanyol mencetaknya di tahun 2007-2009. Sama seperti Brasil, saat itu Spanyol punya sejumlah pemain hebat dari kiper Iker Casillas, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, David Villa dan lain-lain.

Selama masa tak terkalahkan itu Spanyol meraih tropi juara Piala Eropa 2008. Kemudian melengkapinya dengan tropi juara Piala Dunia tahun 2010 dan tropi juara Piala Eropa 2012.

Tiga raihan gelar turnamen mayor atau Piala Eropa dan Piala Dunia menjadikan Spanyol sebagai satu-satunya negara yang mampu meraih tiga tropi gelar turnamen besar beruntun.

Kini, Italia berpeluang menyamai rekor Brasil dan Spanyol yang tak terkalahkan di 35 laga secara beruntun. Syaratnya, Italia harus mengalahkan atau minimal seri dengan Bulgaria di babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2022. Laga keduanya dijadwalkan dilaksanakan tanggal 2 September 2021. (mat)

Loading...