free page hit counter

BUMD Jangan Mengekor dan Jadi Aksesoris Semata, Pinta Ansar

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Ansar mengadakan Rapat Koordinasi bersama BUMD Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (4/1/2021) malam.

Pada kesempatan itu ia berharap BUMD benar-benar diberdayakan untuk mencari pemasukan buat PAD Kepri.

Ia tak ingin BUMD yang ada cuma karena ikut-ikutan karena daerah lain punya. Sayang kalau hanya ikut-ikutan tanpa mampu memaksimalkan kegiatannya.

“BUMD yang sekarang kita punya itu jangan cuman jadi aksesoris belaka. Menurut saya, BUMD Kita berpotensi besar untuk membangun daerah,” ucap Gubernur Ansar.

Tentang Perubahan BUMD menjadi Perseroda ini Gubernur Kepri mengundang Perusahaan Perseroda Pembangunan Kepri, Perusahaan Perseroda Pelabuhan Kepri, dan Perumda Air Minum Tirta Kepri.

Salah satu potensi besar itu menurut Ansar ialah Participating Interest (PI) 10% pada North West Natuna (NWN). Sayangnya anak perusahaan PI masih belum menuntaskan urusan administrasi berkaitan dengan struktur perusahaan.

Sebelumnya, saat pertemuannya dengan Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dipastikan dalam waktu dekat NWN akan dikelola oleh perusahaan Exxon Mobil.

Ini merupakan peluang bagus, sebab Perseroda Pembangunan Kepri saat ini mempunyai 17 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Mulai jasa logistik, pengangkutan air bersih, sampai bank perkreditan rakyat. Karenanya, Ansar meminta agar anak perusahaan yang tidak mampu menyumbang PAD agar dibubarkan saja.

Kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Kepri Gubernur Ansar meminta membaca semua peluang terkait dengan pungutan retribusi jasa labuh jangkar di Selat Kabil dan Perairan Tanjungberakit.

Sedangkan terhadap Perumda Air Minum Tirta Kepri Gubernur Ansar menjanjikan akan memberikan waktu khusus untuk mendalami perusahaan ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga akan ke Kepri pekan depan. Ansar berencana menemukannya dengan Tirta Kepri dengan mengajak serta BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) untuk solusi sumber air bersih dan distribusi pipa air. (mat)

Loading...