Pemkot Tanjungpinang Beri Ruang Dekranasda untuk Hasilkan Produk Unggulan

Loading...

Suarasiber.com – Ketua dan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungpinang sisa masa bakti 2018-2023 resmi dilantik. H.M. Agung Wira Dharma, SH ditetapkan sebagai Ketua Dekranasda Kota Tanjungpinang di Gedung Wanita Tun Fatimah, Senggarang, Jumat (23/12/2022).

Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP., M.M., mengharapkan pengurus Dekranasda mampu menjadi pelopor kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Dekranasda diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mendukung ekonomi masyarakat serta mampu menciptakan produk unggulan. Dekranasda selain menghimpun produk UMKM dan IKM dengan kualitas terbaik, juga turut mempromosikan kerajinan-kerajinan unggulan dan andalan Kota Tanjungpinang,” pintanya.

Dekranasda akan diberikan ruang sebagai media promosi dan membantu membuat tampilan produk unggulan untuk menembus pasar. Saat ini Pemkot Tanjungpinang sudah membangun Pusat Promosi dan Rumah Kemasan Tengku Mandak yang dilengkapi dengan berbagai produk baik IKM pangan dan sandang. Selain itu juga dilengkapi klinik kemasan yang akan dibantu oleh tenaga ahli terkait kemasan.

Dewan Pengurus Dekranasda Kota Tanjungpinang juga diingatkan untuk terus bersinergi dengan OPD terkait dalam upaya mewujudkan pelaku usaha dan pelaku ekonomi yang andal, mandiri serta memberikan manfaat bagi mengakomodir pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam sektor kerajinan daerah.

Untuk itu diperlukan pembenahan untuk merancang program kerja yang lebih terukur, mampu direalisasikan serta membangun koordinasi untuk melakukan pendataan dan upaya strategis dalam mewujudkan pengembangan usaha sektor kerajinan di Kota Tanjungpinang.

Agung Wira Dharma menyebutkan terdapat berbagai jenis kerajinan tangan khas Tanjungpinang sudah dipasarkan secara global. Hal itu menjadi penanda bahwa kerajinan tangan dari Tanjungpinang cukup memiliki peran strategis dalam kancah nasional maupun internasional.

Agung juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan untuk pengembangan kerajinan di Kota Tanjungpinang. Dekranasda akan terus bekerja ikhlas dan bekerja cerdas serta mampu berdaya saing sehingga kerajinan Kota Tanjungpinang dapat lebih dikenal oleh daerah luar.

Sementara Ketua Harian Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau, Aries Fhariandy mengatakan Kota Tanjungpinang memiliki banyak potensi kerajinan yang perlu mendapatkan sentuhan semua pihak. Aries yang juga Kadisperindag Kepri mengimbau agar para perajin bisa mengekspor produknya dalam skala besar ke luar kota.

Juga perlu adanya kerja sama dengan beberapa maskapai, hotel dan pelaku usaha lainnya supaya perekonomian bisa bangkit. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...