free page hit counter

Ini Rahasia Suharti Catering Mampu Bertahan Selama 26 Tahun di Tanjungpinang

Loading...

Suarasiber.comSuharti Catering adalah contoh bagaimana bisnis katering yang dikerjakan secara profesional. Nyatanya sudah 26 tahun usaha rumahan ini masih memiliki pelanggan setia.

Didirikan oleh Suharti pada 1995 lalu, kini usaha ini dijalankan oleh anak lelakinya, Rionaldi dan istrinya, Vonny dibantu beberapa pekerja. Suharti sendiri sudah meninggal 100 hari lalu.

Meneruskan katering warisan almarhum ibunya. Rio dan Vonny harus bisa menjaga kepercayaan para pelanggan lama. Karena di zaman sang ibu, kantor, instansi atau lembaga penting di Tanjungpinang sudah menjadi langganan.

Dan rahasia utamanya memang di pelayanan. Beruntung Rio selama ini sudah sering menemani ibunya saat mengurus katering harian, acara kantor hingga pesta perkawinan yang membuatnya super sibuk di lokasi acara.

Salah satu jenis layanan yang masih dipertahankan dan digemari warga ialah katering harian. Bedanya, setelah Suharti meninggal Rio hanya melayani pengantaran paling jauh di Batu 5.

suharti-catering-lapas-tanjungpinang
Sejumlah pejabat Lapas Tanjungpinang menikmati sajian Suharti Catering. Foto diambil saat Ibu Suharti masih hidup dan belum pandemi Covid-19. Foto – istimewa

Suharti Catering sendiri menggunakan rumah di Jalan Soekarno Hatta, gang Nila nomor 4, Tanjungpinang. Inilah rumah perjuangan bagaimana awalnya Suharti membangun katering sampai dikenal seperti sekarang.

“Kami berusaha memberikan menu yang berbeda setiap hari. Pengantaran juga dilakukan antara pukul 11.00 atau 11.30 WIB. Saya sendiri yang mengantar,” tutur Rio saat mampir ke Kedai Blogger, Jalan Sidorejo, Selasa (2/3/2021).

Soal menu juga menjadi rahasia Suharti Catering. Ia sebisa mungkin memenuhi janjinya memberikan menu yang berbeda setiap hari kepada pelanggan harian.

Untuk katering harian, pelanggan diberikan dua cara pembayaran yang berbeda. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

Menu katering harian ini terdiri dari dua lauk dan satu jenis sayuran. Bisa dimakan untuk lebih dari satu kali bersantap bagi keluarga kecil.

“Olahan daging, ayam, bilis, sambal, telur semuanya komplit dengan bumbu yang berbeda,” ungkap Rio.

Keperluan Pesta Pesan Dahulu

Mengingat harus membagi tugas, Suharti Catering menerapkan sistem preorder atau pesan dahulu khusus untuk keperluan pesta.

Baik pesta perkawinan atau lainnya yang biasanya pemesanan kateringnya minimal 500 porsi. Hal ini diterapkan karena Rio harus mengetahui apakah tak ada tanggal yang bentrok dengan pesanan lainnya.

“Untuk pesta perkawinan yang memesan 1.000 porsi bahkan ada yang sebulan sebelumnya sudah memberitahu kami. Kalau untuk acara kantor bisalah dua atau tiga hari sebelumnya menghubungi,” kata warga Taman Lembah Hijau ini.

Untuk pemesanan jumlah besar, Suharti Catering memberikan bonus berupa air es atau minuman lainnya.

Pengalaman Unik

suharti-catering-vonny
Menantu almarhumah Suharti, Vonny yang kini meneruskan usaha katering bersama suaminya, Rionaldi dan sejumlah pekerja. Foto – istimewa

Selama menekuni usaha katering, Rio mengaku beberapa kali mengalami hal unik. Dan ia masih mengingatnya sampai sekarang.

Pernah suatu ketika, saat ibunya masih hidup, menerima katering 15 kotak nasi. Itu merupakan pesanan sejumlah perwira yang sedang berdinas ke Tanjungpinang.

Saat makan siang Rio mengantarkannya ke kantor tempat para perwira tadi berkunjung. Malamnya Rio ganti mengantarkannya ke hotel tempat mereka menginap.

Pernah juga Rio menemani ibunya membawa 500 kotak nasi ke Pulau Batam.

Ia harus menyeberang menggunakan kapal Roro dari Tanjunguban ke Punggur. Rio ingat, pemesannya ialah kepala kantor bank pelat merah di Tanjungpinang yang dipromosikan dan pindah ke Batam.

“Bapak (pemesan) itu sudah cocok dengan masakan ibu saat tugas di Tanjungpinang,” kenang Rio.

Pejabat itu sendiri yang membayar ongkos perjalanan yang ditempuh Rio dan ibunya, selain membayar makanan yang dipesan.

Menurut Rio, apa yang dilakukan pejabat tersebut karena bumbu yang dibuat tetap dijaga. Mau pesanan banyak atau sedikit cita rasanya tetap diperhatikan. Karena soal rasa, orang akan dengan cepat bisa beralih.

Bagaimana, terasa lapar membaca tulisan tentang katering ini? Anda bisa menghubungi WhatsApp ini untuk langsung chat dengan Suharti Catering. (mat)

Loading...