Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah SE MAP Resmi Jabat Danlantamal IV

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arsyad Abdullah SE MAP resmi menggantikan Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno SE MM sebagai Danlantamal IV, Tanjungpinang. Sertijab keduanya berlangsung Jumat (8/2/2019) di Mako Lantamal, Batuhitam, Tanjungpinang.

Pengukuhannya dilakukan oleh Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono SE MM dalam suatu upacara kemiliteran.

Pangkoarmada I dalam kesempatan ini mengatakan sertijab bukan pergantian personel semata, melainkan juga bermakna sebagai wujud kepercayaan dari pemimpin TNI AL yang diberikan kepada perwira terpilih.

Lebih lanjut Pangkoarmada I menyinggung keamanan Selat Malaka dan Selat Singapura. Keduanya merupakan sea lines of trade (SLOT), sea lines of communication (SLOC) dan chokepoint bagi pelayaran internasional, serta dipandang sebagai jalur strategis proyeksi armada laut negara-negara maritim besar, dalam rangka forward presence dan globa engagement ke seluruh dunia.

Baca Juga:

Rangkaian Hari Pers Nasional di Anambas Dimulai dengan Aksi Tutup Mulut

Staf Khusus KSAL Ini Akan Gantikan Laksamana Pertama Eko Suyatno sebagai Danlantamal IV

Dua Orang Ditangkap Saat Berduaan di Pantai Telaga Tujuh, Karimun

Tuah dari Jejak Telapak Kaki Sultan Mahmud di Desa Mamut, Senayang

“Oleh karena itu keamanan Selat Malaka dan Selat Singapura menjadi tanggung jawab bersama. Sebagai bentuk pertanggungjawaban tersebut, dapat ditunjukkan oleh Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal IV yang berhasil menggagalkan dan menangkap beberapa tindak pidana yang terjadi di Selat Malaka dan Selat Singapura,” jelas Pangkoarmada I.

Keberhasilan tersebut merupakan bentuk terjalinnya komunikasi dan kerja sama yang baik diantara stakeholder di Kepri dalam menjaga stabilitas keamanan di laut, sehingga mendapatkan apresiasi dari dunia intenasional atas menurunnya tingkat tindak kejahatan di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Security and Prosperity merupakan bagian yang tak terpisahkan, kepercayaan dunia terhadap bangsa Indonesia yang tumbuh, seiring dengan situasi keamanan perairan yurisdiksi nasional yang selalu kondusif. Hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional khususnya di bidang maritim, ujar Pangkoarmada I.

Upacara serah terima jabatan tersebut dihadiri antara lain Wakil Gubernur Kepri, Wakapolda Kepri, Komandan Guspurla Koaramada I, Komandan Guskamla Koarmada I, Para Komandan Lantamal jajaran Koaramada I, Komandan Korem 033 Wira Pratama, Komandan Lanud Raja Haji Fisabililah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Instansi Maritim Kepri, Wali Kota Tanjungpinang dan Tokoh Masyarakat. (mat)

Loading...