free page hit counter

Pencarian 4 Kru Kapal KM Lintas Laut 3 di Perairan Mapur, Bintan, Provinsi Kepri Masih Nihil

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pencarian 4 orang kru kapal KM Lintas Laut 3, yang tenggelam dan hilang di perairan Pulau Mapur, Bintan, Kamis (12/3/2020) dihentikan menjelang malam.

Hingga pencarian berakhir keempat kru kapal itu belum ditemukan. Keempat orang yang hilang itu, adalah Junaidi (30), nakhoda KM Lintas Laut 2 dan tiga kru, yaitu Avis (25), Miran (24) dan Hamdan (35).

Tiga orang kru kapal lainnya, yakni Isak Doli (30),  Jafersus Wetang (26) dan Danil (35), berhasil selamat. Setelah berenang ke arah kapal MSC Carla 3, yang kebetulan dalam posisi sedang lego jangkar di perairan selatan Mapur.

Kapal KM Lintas Laut 2, adalah kapal ikan dengan ukuran sekitar 6 GT dan sedang dalam pelayaran dari sekitar Jembatan 2  Barelang, Batam ke perairan Pulau Mapur, Bintan, Rabu (11/3/2020) siang.

Saat berlayar kapal berisi 1 nakhoda dan 6 kru sedang membawa muatan alat tangkap kepiting (bubu).

Setibanya di perairan Mapur yang berhadapan langsung dengan Laut Natuna Utara, angin bertiup kencang atau sekitar 13 knot per jam.

Sedang arus dari arah timur laut dengan kecepatan 2 knot per jam. Dan, tinggi gelombang sekitar 0,8 meter.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang Mu’min SE MM melalui Kasi Operasi dan Siaga Eko Suprianto SAP, dalam siaran persnya.

“Dari tiga korban selamat disebutkan, saat berada di perairan Mapur itu, tiba tiba datang angin kencang. Dan, ombak dari samping yang dengan cepat membuat kapal miring serta langsung terbalik,” kata Eko.

Kapten kru tidak sempat menyelamatkan kapal dan muatannya. Dan, kapal itu dengan cepat langsung tenggelam beserta muatannya.

Awalnya, imbuh Eko, mereka semua sempat berkumpul berpegangan pada sepotong balok kayu. Bahkan, masih sempat telepon dan SMS ke bos mereka.

Namu, dikarenakan angin dan ombak serta arus yang makin kencang mereka pun terpisah.

Tiga di antaranya berusaha berenang menghampiri kapal MSC Carla 3. Kapal itu sedang buang sauh di sekitar perairan Pulau Mapur. Ketiganya selamat, sedang 4 lainnya hilang.

“Pencarian akan dilanjutkan esok hari, Jumat (13/3/2020),” ujar Eko.

Pencarian dilakukan tim SAR Gabungan, Basarnas Tanjungpinang, MPA Singapure dan Lanudal Tanjungpinang.

Peralatan yang digunakan, antara lain Kapal RB 209, Kapal Negara (KN) SAR Purworejo 101, helikopter BO 105/HR 1522,  satu set alat selam dan peralatan komunikasi. (mat) 

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...