Cara Promosi di Google Agar Produk Kalian Laris Dibeli Orang

Loading...

Google sudah dikenal sebagai mesin pencari tercanggih di saat ini. Bahkan ada semacam guyonan, kalau ingin menanyakan sesuatu silakan tanya Google. Selain itu tak sedikit yang menyebutnya dengan Mbah Google, menyimbolkan sebagai orang tua yang lebih tahu banyak hal sebagai rujukan. Perkembangannya, cara promosi di Google pun banyak dilakukan.

Tak bisa dipungkiri, cara promosi di Google menjadi pilihan khususnya mereka yang berkecimpung dalam usaha jualan online. Kemajuan zaman memang tak bisa dielakkan lagi, siapa yang gagal paham menggunakan teknologi akan terlempar dari persaingan.

Jika masih ada diantara kalian yang masih ngotot melakukan promosi secara konvensional, cobalah mengubah pola pikir yang seperti itu. Mungkin Anda berpikir, ah jualan saya kan di kampung, apa perlunya menggunakan promosi digital?

Jika hal seperti itu masih ada dalam benak kalian, berarti kalian tidak siap untuk maju. Sementara kompetitor kalian paham benar bagaimana menggunakan teknologi internet untuk memperluas jaringan pemasaran produk mereka. Selain itu, kalian harus berpikir bahwa tetangga kanan kiri sudah memegang benda yang namanya smartphone. Mereka diam-diam mencari barang yang ditawarkan melalui internet.

Cara Promosi di Google

Berikut ini adalah beberapa cara promosi di Google yang bisa kalian coba untuk mendongkrak penjualan dagangan. Namanya usaha, semuanya harus dijalankan sepenuh hati. demikian juga dengan cara-cara yang akan saya sebutkan di bawah ini, tidak akan lengsung menghasilkan, butuh waktu dan konsistensi kalian untuk menekuninya.

Blogger

Menjadi blogger bukan hanya soal menulis sesuatu yang menarik. Kalau kalian merasa bisa menulis, mengapa tidak mencoba membuat blog lalu mengisinya dengan konten yang tak jauh dari jualanmu?

Tentu akan lebih mudah menuliskan produk milik sendiri ketimbang milik orang lain. Kalian bisa mengambil foto kapan saja, bisa mendekripsikan produk sendiri secara lengkap. Berbeda jika kalian menjualkan produk orang lain, ada kalanya ada yang kurang pas.

Memiliki blog juga sangat mudah. Seandainya Anda awam pun, bisa membaca banyak tutprial yang ada di internet tentang cara membuat blog. Mau yang gratisan atau berbayar semua terserah kepada kalian.

Bila kalian sengaja ingin fokus menjadi blogger dan mendapatkan penghasilan, baca artikel menjadi blogger sukses.

Google My Business

Pengalaman pribadi, saya menggunakan produk Google yang satu ini untuk cara promosi di Google. hampir mirip dengan membuat blog, hanya saja sudah ada semacam dummy-nya sehingga kalian bisa membuat artikel atau mengunggah foto.

Salah satu tempat usaha yang pernah saya kelola dan dipromosikan menggunakan Google My Business ialah Bintan Wrapping. Meski sekarang saya sudah tak lagi mengelola usaha sticker, nyatanya sampai sekarang apa yang sudah saya buat di sini cukup efektif.

Zaman itu untuk mengaktifkannya harus menunggu PIN atau kode verifikasi yang dikirimkan langsung oleh Google melalui pos. Jika sudah memiliki akun yang terverifikasi, kalian bisa melakukan update seputar produk kapan saja. Demikian juga dengan fotonya.

Google Maps

Menilik namanya, maps berarti peta. Yau[ sangat benar. Seratus untuk kalian yang berhasil menebaknya. Lantas apa hubungannya Google Maps dengan promosi di internet? Yang akan saya tuliskan di bawah ini merupakan pengalaman pribadi juga.

Di mana saja, kebanyakan di tempat makan atau masjid dan musala, saya akan coba mengecek apakah tempat tersebut sudah didaftarkan di Google Maps atau belum. Jika belum saya akan mendaftarkannya, melengkapinya dengan sejumlah foto dan keterangan yang diperlukan. Juga menyertakan rating.

Apa yang saya lakukan ternyata cukup efektif untuk menarik orang untuk membacanya dan kemudian datang. Google akan memberikan laporan kontribusi kalian di Google Maps setiap bulan. Berapa poin kalian, kalian ada di level berapa sebagai kontributor, serta sudah berapa banyak orang yang melihat postingan kalian.

Beberapa gambar yang saya posting melalui Google Maps bahkan ada yang dilihat ribuan kali oleh warganet. Artinya, kalian bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan lokasi usaha kalian. Fotonya, ya masukkan saja foto produk unggulan kalian.

Buat Email Gmail

Zaman sekarang tak punya email? Menyedihkan sekali, kecuali memang kalian termasuk tipe orang yang tak ingin bersentuhan dengan teknologi. Menurut saya ada beberapa hal yang lebih pas dikirimkan melalui email ketimbang harus membagikannya melalui media sosial misalnya.

Nyatanya email masih menjadi perantara yang dipertahankan para pemilik usaha. Untuk sesuatu yang lebih rahasia, saya menyarankan kalian menggunakan email. Bicara email di Google, maka wujudnya ialah gmail.

Belum tahu caranya membuat email Gmail? Aduuh aduuh (dua kali aduh hehe) silakan kalian browsing. Ketikkan kalimat ini di bagian pencarian: cara membuat email Gmail. Dan jeng jeng jeng, saat itu juga muncul blog yang memosting hal tersebut.

Jangan salahkan calon konsumen yang tiba-tiba membatalkan kerja sama dengan kalian hanya karena kalian nggak memiliki email.

Gunakan Video Youtube

Kalau bicara YouTube agaknya nggak usah dijelaskan pun kalian sudah paham. Sekarang kita buat pertanyaan, sehari berapa kali kalian memutar YouTube? Mengapa tidak berpikir seandainya video yang kalian tonton itu produk kalian sendiri.

Jangan dahulu berpikir Google Adsense di YouTube. Manfaatkan saja dahulu sebagai toko online dengan konten berupa video. Ada banyak manusia yang lebih tertarik dengan konten berupa video ketimbang tulisan (blogger).

Jika agak bingung apa yang mau diupload ke kanal YouTube, silakan buka YouTube dan lihatlah contohnya. Ada ratusan atau bahkan ribuan kanal YouTube yang isinya konten untuk jualan online. Dan kalian juga harus paham, antara blog dan YouTube bisa kalian maksimalkan.

Karena jika kalian sudah memiliki email Gmail, maka bisa digunakan untuk mendaftar blog di blogspot juga YouTube. Pakai saja nama yang sama atau agak mirip. yang penting nama itu belum pernah dipakai orang lain.

Oke, itulah beberapa cara promosi di Google yang bisa kalian coba. Ingat, Google hanya perantara atau jembatan, lebih banyak peran kalian yang menentukan tingkat keberhasilannya. Semoga bermanfaat. ***

Loading...