Menyamar jadi Petugas Kesehatan, Modus Baru Kejahatan Memanfaatkan Wabah Virus Corona

Loading...

TANJUNGBALAIKARIMUN (suarasiber) – Kekhawatiran masyarakat sebagai dampak mewabahnya virus corona, dimanfaatkan oknum berperilaku kriminal. Mulai dari penimbunan masker hingga menyaru sebagai petugas kesehatan.

Oknum yang menyaru sebagai petugas kesehatan itu, mendatangi rumah warga. Menawarkan penyemprotan di rumah. Setelah masuk mereka mencuri atau merampok.

Modus ini sudah terjadi di Pulau Jawa dan kepada warga di Tanjungbalai Karimun diminta waspada. Hal ini disampaikan Kapolsek Tanjungbalai Kota AKP Budiharto kepada suarasiber.com, Kamis (12/3/2020).

“Hati – hati dengan modus seperti ini. Di Jawa sudah ada yang memanfaatkan situasi corona ini. Untuk mendapatkan keuntungan, menipu, mengelabui dan menjebak masyarakat.

Tetap waspada dan tidak asal menerima tawaran orang lain. Apalagi sendiri dan di tempat sepi,” imbau Budi.

Jika ada orang yang menawarkan penyemprotan atau sejenisnya, ujar Budi, minta surat tugasnya. Kemudian, periksa identitas pribadinya.

Dan, jika menemukan ada kejanggalan di surat tugas serta identitas pribadinya, segera laporkan ke aparatur pemerintahan terdekat. Seperti ke Ketua RT, Ketua RW, lurah, kepala desa dan anggota kepolisian.

Terkait hal tersebut, Budi sudah memanggil semua Bhabinkamtibmas di Polsek. Dan, memerintahkan menyosialisasikan modus baru tindak kriminal itu ke warga masyarakat di tempat tugasnya masing-masing.

“Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Kita cegah setiap kemungkinan kejahatan dengan memutus niat dan kesempatan. Ingat, kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan,” jelas Budi. (mat)

Loading...