Hiburan Kesenian Semarakkan Hardiknas di Bintan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Hiburan kesenian yang diperankan seribuan guru dan pelajar serta tokoh pendidikan warnai Hardiknas. Pemandangan ini terlihat di Halaman Gedung Nasional, Tanjunguban, Bintan, Kepri, Kamis (2/4/2019).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan juga melibatkan tokoh pendidikan.

Semarak Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Bintan tak hanya oleh hiburan kesenian. Di kesempatan ini juga diluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Pendidikan.

156 Orang Terima Penghargaan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan, Adi Prihantara hadir mewakili Bupati yang berhalangan hadir. Sekda menandatangani prasasti peresmian pembangunan unit sekolah baru SDN 010 Bintan Utara.

Selain SDN 010 Bintan, juga dibangun gedung baru PAUD Percontohan TK Negeri Pembina Toapaya.

Sebagai bentuk apresiasi Pemkab Bintan, juga diserahkan penghargaan. Dalam suasana gembira usai hiburan kesenian, 156 guru dan tokoh pendidikan menerima penghargaan. Termasuk siswa berprestasi.

Rinciannya sebagai berikut: 24 orang purna bhakti, 6 orang tokoh pendidikan. Selanjutnya 10 orang kepala sekolah berprestasi, 78 siswa berprestasi, 24 sekolah berprestasi, 8 pegawai berdedikasi.

Juga diserahkan santunan duka kepada tenaga pendidik yang meninggal dunia kepada 5 orang ahli waris. Ada juga bantuan kepada 10 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan dan apresiasi kepada guru, siswa dan sekolah berprestasi ini diberikan oleh sejumlah pejabat. Yakni Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir, Ketua Komisi III Fiven Sumanti beserta anggota Bani Suparti dan Suardi.

Penghargaan juga diserahkan pimpinan FKPD dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan.

Realisasi Pembangunan Pendidikan

Kemeriahan hiburan kesenian dan penyerahan penghargaan mengundang juga camat, lurah, guru, pelajar dan kepala sekolah.

“Selama tiga tahun terakhir, banyak pembangunan di bidang pendidikan yang kita realisasikan. Dan kita bangga, Bintan meraih segudang prestasi,” ujar Tamsir.

Realiasi pembangunan pendidikan itu, sebut Tamsir, sebagai berikut:

  • Melakukan rehab 264 ruang kelas.
  • Membangun 38 ruang kelas baru.
  • Meningkatkan profesionalisme 811 guru.
  • Mencetak 923 guru bersertifikasi.
  • Memenuhi komputer untuk UNBK di 26 sekolah.
  • Membangun sekolah.
  • Penyediaan jaringan VISAT.
  • Menyiapkan transportasi darat dan pompong secara gratis.
  • Penyediaan perlengkapan sekolah gratis.

“Tunjangan insentif kepada guru dan honorer pun kita wujudkan. Dengan Hardiknas 2019 ini, mari bersama menguatkan pendidikan, dan memajukan kebudayaan,” harap Tamsir.

Batasi Hiburan dan Ponsel

Sekda Bintan menyampaikan, dunia pendidikan di Kabupaten Bintan telah banyak berbenah. Berhasil menciptakan terobosan baru. Pemkab Bintan terus membangun dunia pendidikan dengan inovasi-inovasi.

Mulai dari aplikasi sistem informasi pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, sampai dengan membangun pemikiran generasi muda yang baik.

“Kita cuma berpesan, didik anak dengan contoh teladan yang baik. Jangan biarkan anak lebih mendengar suara ponsel, dibandingkan suara orang tua. Batasi hiburan dan ponsel. Membina budaya dan budi pekerti anak di era teknologi sekarang, sangat perlu,” tegas Adi Prihantara. (mat)

Loading...