Tak Punya Kebun Tembakau, Tanjungpinang Bangun Pabrik Rokok

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sama seperti teh, yang tidak ada kebunnya tapi ada pabriknya di Tanjungpinang. Tanjungpinang juga tidak ada kebun tembakau, tapi ada pabrik rokok. Meski baru akan dibangun.

Pabrik rokok ini dibangun oleh PT Megatama Batu Karang Indonesia (MBKI) dengan nilai investasi awal sekitar Rp50 miliar di atas lahan sekitar 16 Ha.

Total investasi yang akan dikucurkan berjumlah sekitar Rp200 miliar. Nantinya pabrik ini akan menerima karyawan hingga ratusan orang.

Menurut Sunadi, Direktur PT MBKI, seluruh lahan yang berada di kawasan free trade zone itu sudah dibebaskan.

Pembangunan pabrik rokok itu diawali dengan peletakan batu pertama oleh Gubkepri Nurdin Basirun, Kamis (9/8/2018).

Salah satu yang menjadi tanggung jawab pemerintah, adalah insfrastruktur jalan yang belum representatif. Padahal pabrik ini mulai dibangun.

Terkait hal itu Nurdin hanya bisa mengatakan, sudahmembahasnya dengan yang terkait selain dengan pemerintah pusat. Siapa pihak terkait itu, Nurdin, tak menyebutnya.

Informasi yang yang diperoleh suarasiber.com, APBD Kepri 2018 defisit sekitar Rp530 miliar. Dengan defisit sebesar itu anggaran yang ada hanya sanggup untuk membayar gaji dan tunjangan ASN dan DPRD serta perjalanan dinas.

Sedangkan untuk kegiatan lainnya akan sangat sulit dicairkan pembayarannya. Apalagi untuk membangun jalan yang representatif ke pabrik rokok di Dompak, tinggal berharap belas kasihan dari pemerintah pusat. (mat)

Loading...