Asal Usul Nama Gonggong yang Artinya Bodoh

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gonggong dikenal sebagai salah satu makanan khas di Tanjungpinang. Hewan mirip siput yang hidupnya hanya ada di perairan pantai di Kepulauan Riau ini, diminati banyak orang. Baik warga lokal maupun wisatawa.

Apalagi memasaknya juga sangat mudah, cukup direbus dan diberi sedikit rempah. Tekstur dagingnya lembut sehingga tak butuh waktu lama untuk memasaknya.

Di dalam bahasa Latin, gonggong disebut Strombus Canurium (ganus) dan termasuk di famili molusca. Meski begitu tak banyak yang tahu asal usul nama gonggong, dan kenapa disebut gonggong.

Menurut tokoh Tionghoa di Kepri, Bobby Jayanto, sebutan gonggong berasal dari orang Hokkien yang datang dari Tiongkok sekitar tahun 1960-an.

Saat itu, Bobby yang masih usia sekolah dasar diajak ke pantai Tanjungpinang antara Pelantar 3 dengan Pulau Bayan. Kalau laut sedang surut ada beting yang muncul.

Baca Juga:

Wakil Ketua TKN, Moeldoko Pastikan Jokowi ke Lingga

Warga Melepas Rindu dengan Berfoto Bersama Pak Harto dan Ibu Tien

Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Polri 2019 Pecahkan Rekor Muri

Siapa Miliarder dari Kalangan Ketua DPRD di Kepri? Inilah Daftarnya

Di beting itulah adanya gonggong. Mereka belum pernah melihat gonggong tapi mencoba memakannya, dan enak.

Karena belum pernah menjumpainya, mereka tidak tahu namanya. “Asal saja mereka menyebutnya dengan gong. Gong apa? Dijawab gong gong,” kata Bobby dalam perbincangan dengan suarasiber.com, belum lama ini.

Gong, dalam Bahasa Hokkien artinya bodoh. “Mereka menyebutnya bodoh karena saat diambil dari pasir atau lumpur, diam saja tak bergerak,” jelas Bobby, yang dikenal sebagai The Tiger from Archipelago.

Setelah warga Tionghoa tempatan ikut menyukai makanan baru itu, nama gonggong pun mulai dikenal di sekitar Pelantar 3.

Kemudian berkembang semakin luas ketika warga Tanjungpinang lainnya ikut menyukainya, dan mengonsumsinya.

Kini nama gonggong yang secara harfiah berarti bodoh, menjadi nama resmi hewan laut yang termasuk keluarga moluska ini. Dan, dikenal luas hingga ke mancanegara. (mat)

Loading...