Hari Ini Google Doodle Unggah Leap Day, Apakah Itu?

Loading...

Suarasiber.com – Jika membuka Goog;e hari ini, Kamis (29/2/2024), akan terlihat gambar seekor katak di kolam sebagai ikon Google Doodle.

Di sekitar katak ada bebungaan serta dua angka. Di sebelah kiri 28 sementara di sebelah kanan angka 1. Sementara di tubuh kataknya sendiri ada angka 29.

Saat kursor menyentuh area gambar akan muncul tulisan mengambang: Leap Day 2024.

Aksi sang katak ini melambangkan lompatan atau leap. Dan katak dipilih sebagai simbol hewan yang sering dikaitkan dengan tahun kabisat, terutama di Irlandia, di mana ada tradisi untuk memberikan patung katak kepada wanita yang melamar pria pada leap day.

Jadi, leap day itu pada dasarnya merupakan hari kabisat alias tanggal 29 Februari, dalam hal ini 29 Februari 2024.

“Ini adalah leap day! Leap day, 29 Februari, hanya terjadi setiap empat tahun sekali, untuk membuat kalender kita sejajar dengan Bumi dan matahari. Nikmati hari bonus di Februari ini. Selamat hari kabisat!” tulis Google dalam keterangan Google Doodle-nya.

Melansir CBS News, Mengutip CBS News, tahun kabisat ada karena saat dunia mengikuti kalender 365 hari, sebenarnya itu membuat Bumi membutuhkan lebih dari satu tahun untuk mengorbit Mahari.

Menurut NASA, Bumi membutuhkan waktu 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 46 detik untuk mengorbit Matahari dalam satu tahun? Meski pada tahun biasa hari dalam satu tahun dibulatkan menjadi 365 hari, hampir enam jam tambahan waktu tersebut tidaklah hilang.

Untuk itulah, kalender mengenal tahun kabisat (366 hari), dengan menambahkan 1 hari di kabisat. Jadi, waktu Bumi mengorbit matahari bisa sinkron.

Jika kita tidak menambahkan satu hari tiap empat tahun, kalender dan musim tidak akan sinkron. Ini pun bisa berpengaruh ke siklus pertanian, penanggalan, dan kegiatan lain yang bergantung pada musim.

Tanpa adanya Leap Day, dalam 100 tahun, kalender akan kehilangan 24 hari, dan dalam 700 tahun, bisa jadi musim panas di Belahan Bumi Utara akan dimulai pada bulan Desember. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...