Siapa Medusa yang Jadi Istilah Populer di TikTok?

Loading...

Suarasiber.com – Populer di TikTok soal istilah medusa, yang dinarasikan sebagai korban pelecehan seksual. Sebenarnya siapa Medusa itu?

Medusa lahir dari mitologi Yunani. Dari tulisan di worldhistory.org dan greekmythology.com, Medusa disebutkan korban pelecehan yang dilakukan Dewa Penguasa Laut, Poseidon.

Kala itu, Medusa diceritakan sebagai seorang pendeta dari Dewi Athena. Poseidon tertarik tak tak kuasa untuk tidak berhubungan seksual dengan Medusa. Perbuatan Poseidon dilakukan di Kuil Athena.

Dewi Athena pun murka karena tak rela kuil sucinya dinodai. Ia pun mengutuk rambut Medusa menjadi ular, sama seperti kedua saudarinya, Stheno dan Euryale.

Medusa pun akhirnya dibunuh oleh Perseus, anak dari Zeus, atas perintah Polydectes, Raja Serifos yang meminta kepala Medusa.

Sementara soal Stheno dan Euryale, bisa dibaca dari situs Mythology Explained. Di sini dikisahkan Medusa termasuk salah satu gorgon atau monster. Dia memiliki dua saudara perempuan yaitu Stheno dan Euryale.

Ketiganya digambarkan sebagai wanita berambut ular yang menyeramkan. Mereka lahir dari pasangan orang tua Dewa Laut Purba, Phorcys dan Ceto.

Penyair kuno Yunani, Pindaros menggambarkan Medusa adalah gorgon yang berpipi putih. Lalu penyair Rimawi, Ovid menggambarkan jika Medusa terlahir sebagai manusia yang cantik. Hal ini berbeda dengan dua saudarinya, Stheno dan Euryale.

Dewi Athenalah yang telah mengubah Medusa menjadi gorgon sama seperti Stheno dan Euryale.

Kelebihan Medusa ialah memiliki tatapan mata yang bisa mengakibatkan lawan tatapannya menjadi batu. Itulah sebabnya Perseus menggunakan perisai perunggu saat membunuh Medusa yang lagi tertidur biar tidak menjadi korban tatapan matanya.

Karena tatapan mata Medusa dikisahkan masih memiliki kekuatan yang sama kuat bahkan saat ia mati.

Di Indonesia, Medusa juga turut populer setelah penayangan film berjudul Penyalin Cinta.

Melansir wolipop, Penyalin Cahaya adalah film drama thriller Indonesia tahun 2021 yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja, sekaligus merupakan debutnya dalam penyutradaraan film panjang. Film produksi Rekata Studio serta Kaninga Pictures ini dibintangi oleh Shenina Syawalita Cinnamon, Lutesha, dan Chicco Kurniawan.

Ceritanya tentang Suryani, mahasiswi yang menjadi korban pelecehan seksual. Namun ia justru tertekan dan tidak mendapatkan dukungan saat ingin mengungkap perlakuan yang diterimanya.

Dalam film ini juga ada adegan tokoh Rama yang seolah-olah menjadi Perseus yang datang ke sarang Medusa untuk ‘membunuh’ Suryani, yakni dengan mengambil barang bukti pelecehan seksual. Hal ini adalah simbol yang merujuk pada kisah mitologi Yunani seperti telah dijelaskan di atas.

Nah, itulah tadi telah kita ketahui alasan istilah medusa menjadi populer di TikTok yang merujuk pada kisah pelecehan Medusa oleh Poseidon dan kemudian dibunuh oleh Perseus. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...