Wisata Lagoi Belum Pulih Seutuhnya, Agus Wibowo Singgung VoA

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo berkunjung ke PT BRC Lagoi, selaku pengelola kawasan wisata Bintan Resorts, Rabu (6/12/2023).

Di sini ia menerima sejumlah keluhan pengusaha. Pada intinya mereka melihat jumlah kunjungan wistawan mancanegara ke kawasan ini belum pulih sepenuhnya.

Padahal PAD untuk Kabupaten Bintan dari sektor wisata sangat diharapkan, demikian juga untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Usai berbincang cukup panjang, Agus Wibowo menyampaikan jika ada beberapa hal menjadi perhatiannya. Di antaranya pemberlakuan visa on arrival (VoA) bagi turis asing yang ingin berkunjung ke Indonesia termasuk Bintan.

Kebijakan VoA sudah berjalan sebulan belakangan, dan menurutnya harus ditinjau ulang. Karena, sebagian besar turis dari negara barat banyak menghabiskan waktu liburannya ke kawasan Bintan Resort, dalam waktu terbatas. Liburan lebih banyak pada akhir pekan (week end). Bukan dalam kurung waktu lama, sebulan.

Sedangkan VoA untuk sebulan itu bisa mencapai Rp500 ribu. Nilai tersebut memberatkan bagi turis asing masuk ke Lagoi.

“Perlu ditinjau ulang atau direvisi,” imbuhnya.

Agus sangat tahu, pajak yang dihasilkan dari kunjungan wisatawan menyumbang andil besar bagi sektor pendapatan daerah.

“Semakin banyak hotel yang beroperasi tentu semakin banyak lapangan kerja yang terbuka,” terang politisi yang juga pengusaha ini. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...