DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan menyelenggarakan sidang paripurna istimewa di ruang sidang Kantor DPRD Bintan, Kamis (1/12) siang.. Agendanya peringatan hari jadi ke-74 kabupaten ini.

Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo memimpin jalannya sidang, dihadiri Bupati Bintan, Roby Kurniawan; Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti; Wakil Ketua II DPRD Bintan, Agus Hartanto; Asisten Gubernur Kepri bidang Pemerintahan dan Kesra Raja, Herry Mokhrizal.

Juga hadir pimpinan Forkopimda Bintan, anggota DPRD Bintan, kepala OPD dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya dan tokoh adat. Ruangan pun semarak dengan sejumlah ornamen dan bebungaan hiasan sebagai penanda hari ini adalah hari bahagia, hari ulang tahun bagi Kabupaten Bintan.

Sejarah Kabupaten Bintan

“Dahulu Kabupaten Bintan merupakah Kabupaten Kepulauan Riau yang terbentuk pertama kali sebagai kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Tengah berdasarkan Peraturan Komisaris Pemerintah Pusat Nomor 81/KOM/U tahun 1948,” ungkap Aguw Wibowo mengenang sejarah.

Pada tahun 2002, disetujuilah pembentukan Provinsi Kepulauan Riau sesuai amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2002 yang terdiri dari Kabupaten Kepulauan Riau, Karimun, Natuna, Batam dan Tanjungpinang.

“Setahun kemudian,” sambungnya, “Kabupaten Kepulauan Riau dimekarkan kembali menjadi Kabupaten Lingga pada tahun 2003.

Selanjutnya DPRD Kabupaten Kepulauan Riau menetapkan keputusan DPRD Kabupaten Kepulauan Riau nomor 33/KPTS/DPRDKEPRI/2005 tentang perubahan nama Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Kabupaten Bintan.

Keputusan itu diperkuat lagi dengan terbitnya Peraturan Bupati Kepulauan Riau nomor 8/XII/2005 tentang perubahan nama Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Kabupaten Bintan pada 5 Desember 2005 dan terbitnya peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2006 tentang perubahan nama Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Kabupaten Bintan.

“Dengan ibu kota di Bandar Seri Bentan tanpa perubahan wilayah administrasi,” tukasnya.

Momen Pemersatu

Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam sambutannya menambahkan, momentum hari jadi Kabupaten Bintan diharapkan bisa menjadi pemersatu semangat kultur guna menjaga dan melestarikan kebudayaan, kesenian, adat dan tradisi di masyarakat Kabupaten Bintan.

“Hari jadi ini juga merupakan sebuah momentum yang dikenal oleh masyarakat serta menjadi pemersatu nilai dan konsensus sosiokultural yang akan memperkuat semangat persatuan dan kesatuan masyarakat di Kabupaten Bintan,” terangnya.

Dirinya pun mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama bahu membahu membangun Kabupaten Bintan agar lebih baik lagi.

Di akhir sambutannya, Roby mengajak semua yang hadir terus saling mendukung dan bahu-membahu dalam pelaksanaan program pembangunan demi mencapai kesejahteraan masyarakat. Hal seperti itu bisa dilaksanakan.

Roby pun mengambil contoh kebersamaan iyu kita telah terbukti dalam proses pemulihan pasca covid-19. Semua pihak bersama-sama berjuang agar pandemi mereda dan aktivitas kembali berjalan separti semula. (zainal)

Foto-foto sidang paripurna istimewa tersebut terekam kamera dan disajikan dalam bentuk galeri foto sebagai berikut:

Bupati Bintan Roby Kurniawan saat memberikan sambutan. Foto – dprd bintan
Suasana sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan di ruang sidang utama Kantor DPRD Bintan. Foto – dprd bintan
Unsur pimpinan FKPD Bintan ikut menghadiri sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan tahun 2022. Foto – dprd bintan
Asisten Gubernur Kepri bidang Pemerintahan dan Kesra Raja Herry Mokhrizal saat menyampaikan sambutan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan tahun 2024. Foto – dprd bintan
Hiasan bunga manggar dalam ruang sidang paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan tahun 2022. Foto – dprd bintan
Foto bersama Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo, unsur pimpinan DPRD Bintan, anggota DPRD Bintan, unsur pimpinan FKPD usai sidang paripurna peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan tahun 2022. Foto – dprd bintan
Loading...