Kisah Hendra Jaya, Pengojek yang Dua Kali Dipilih Masyarakat Jadi Anggota Dewan

Loading...

Suarasiber.com – Siapa sangka seorang pangkalan di Kota Tanjungpinang yang sempat diremehkan dua kali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Tanjungpinang?

Kontestasi pemilihan legislatif periode 2024 – 2029, suara yang diperoleh Hendra Jaya justru meningkat tiga kali lipat di Dapilnya.

Maju dari Dapil Tanjungpinang 2 yang meliputi Air Raja dan Pinang Kencana, Hendra mendapatkan 3.137 suara. Sementara pada Periode sebelumnya, ia memperoleh 1.300 dukungan suara.

Foto – dok pribadi

Hendra tidak pernah malu mengakui jika dirinya dahulu pengojek. Namun justru pekerjaan ini membuatnya memetik berkah tatkala belakangan ia memutuskan masuk ke kancah politik melalui Partai NasDem.

“Sewaktu saya masih menjadi tukang ojek, merasakan betul bagaimana kehidupan berburu penumpang, menghadapi cuaca. Pulang larut malam sudah tak asing lagi,” ujarnya saat berbincang dengan suarasiber.com di Kedai Kopi Jaya Batu XI, Jalan Tanjunguban, Sabtu (27/04/2024).

Kerasnya kehidupan kala itu memaksa dirinya untuk banyak belajar cara bertahan hidup. Seiring perjalanan waktu ia banyak bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat. Dari situlah muncul benih ketertarikan masuk politik.

Ketertarikan ia dalam politk disalurkannya melalui Partai NasDem, dan pada pemilihan legislatif 2019 – 2024 untuk kali pertama pengojek pangkalan duduk sebagai wakil rakyat.

Bapak empat anak ini menceritakan keputusan masuk panggung politik baginya bukan hal mulus. Terutama ejekan dan pandangan merendahkan.

Foto – dok pribadi

“Aduh tak cukup waktu untuk dikisahkan, Saya jalani saja, walau ada pandangan negatif saya maklumi saja, justru membuat saya makin semangat ingin membuktikannya dengan kinerja,” ujarnya.

Pernah menjadi pengojek membuat Hendra tetap dekat dengan masyarakat. Ia adalah sosok wakil rakyat yang kerja nyata, turun kelapangan menyapa dan mendengarkan keluhan masyarakat. Banyak hal yang telah ia lakukan untuk masyarakat, termasuk saat Covid-19 melanda.

Ia membatu masyarakat membagikan sembako. Perhatian lainnya ialah berusaha mengegolkan usulan seperti pembangunan jalan, penerangan, renovasi rumah ibadah dan lain – lain.

Baktinya untuk masyarakat pun dibalas dengan perolehan suara di periode berikutnya yang naik hingga tiga kali lipat.

Suami dari Mafla Yulita ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanjungpinang khususnya masyarakat Kelurahan Air Raja dan Pinang Kencana karena masih mempercayainya sebagai wakil rakyat di parlemen.

Foto – dok pribadi

Menurutnya, tanpa dukungan masyarakat belum tentu dirinya kembali mendapat amanah duduk di DPRD Tanjungpinang.

“Saya ucapkan terimaksih kepada warga yang telah mendukug saya, tanpa dukungan dan kepercayaan dari warga kita tidak bisa begini.” ucapnya.

Ia juga mengaku pencapaian yang ada saat ini menjadi penyemangat bekerja lebih ekstra lagi untuk lebih peka mendengar keluhan warga dan merealisasikannya.

“Kita tidak berhenti dengan pencapaian yang ada dan akan bekerja lebih keras untuk masyarakat,” ujar Hendra. (edi widodo)

Editor Yusfreyendi

Loading...