MERDEKA! Upacara 17 Agustus 2023 Tingkat Kabupaten Bintan Digelar di Pulau Mantang

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan memiliki cara tersendiri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik tahun 2023.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan rombongan mengendarai sepeda motor menuju lokasi upacara.

Lazimnya, peringatan upacara pengibaran bendera merah putih dan detik-detik proklamasi dilaksanakan di kantor pusat pemerintahan. Namun tidak dengan Pemkab Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan pejabat Forkopimda memasuki lapangan upacara.

HUT ke-78 RI tahun 2023 dilaksanakan di Pulau Mantang. Upacara digelar di Lapangan Terbuka Desa Mantang Besar.

Lapangan Terbuka Desa Mantang Besar tempat diselenggarakannya HUT ke-78 RI di Bintan.

Ini bukan kali pertama Bupati Bintan Roby Kurniawan menyelenggarakan pringatan hari besar nasional di pulau-pulau. Namun untuk peringatan HUT RI, ini baru kali pertama dilaksanakan di Mantang.

Bupati Bintan menempatkan diri pada posisi inspektur upacara.

Masyarakat setempat menyambut gembira kegiatan ini. Selain bisa menyaksikan upacara bendera sevara langsung dengan peserta dan paskibra pilihan, masyarakat juga melihat para pejabat dari dekat.

Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani dan istri para pejabat menempati kursi undangan utama.

Itulah alasan Bupati Bintan Roby Kurniawan melaksanakan upacara di wilayah-wilayah pulau. Upacara ini setingkat kabupaten.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bendara ke baki pasukan pengibar bendera.

Roby ingin agar berbagai event dan kegiatan bisa dirasakan seluruh masyarakat hingga di wilayah pulau.

“Tidak terlepas dari geografis kita yang terbentuk dari gugusan pulau-pulau, jadi kita lakukan beberapa event di pulau. Termasuk HUT RI tahun ini, Bendera Merah Putih kita kibarkan dari Pulau Mantang,” kata Roby usai menyaksikan Parade Drumb Band, Kamis (17/8/2023).

Semua peserta upacara memberikan sikap hormat menjelang pengerekan bendera merah putih.

Tak kurang dari 300 personel dari TNI/Polri, masyarakat sipil dan pelajar menjadi bagian dari momentum sakral ini. Kerumunan masyarakat juga turut memadati sekitar lokasi untuk menyaksikan khususnya derap langkah penampilan khidmat Pasukan Pengibar Bendera.

Berfoto bersama usai upacara 17 Agustus di Mantang.

Kegiatan ini menjadi salah satu sejarah baru bagi masyarakat Mantang. Beberapa Tokoh Masyarakat pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah. Bupati Roby sendiri menyampaikan ungkapan kebanggaan melihat jiwa gotong-royong masyarakat Mantang yang meluangkan waktu, tenaga dan pikiran demi suksesnya event kebangsaan ini.

Bupati Bintan Roby KUrniawan mencium tangan seorang veteran yang dikunjunginya usai upacara. disaksikan pejabat Forkopimda.

Bupati Roby menyempatkan diri beramah tamah dengan warga. Baik itu anak muda maupun orang tua. Ketika berhadapan dengan sesepuh atau tokoh masyarakat, Roby pun menunjukkan sikap hormatnya dengan senantiasa mencium tangan sebagai bentuk penghormatan dari yang muda kepada yang lebih tua.

Momen 17 Agustus juga dijadikan Pemkab Bintan untuk menyerahkan bantuan kepada warga.

Perayaan Agustusan di Mantang terasa akrab. Kegembiraan terpancar dari wajah-wajah masyarakat dan peserta upacara. (***)

Editor Yusfreyendi; Foto – diskominfo bintan

Loading...