Bintan Bangkit, Songsong Kebangkitan Nasional

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten Bintan menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023. Ada optimisme menjadikan momen ini sebagai kebangkitan Kabupaten Bintan ke arah yang lebih baik.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan membacakan amanat Plt Menkominfo, Mahfud MD pada upacara Harkitnas 2023. Foto – diskominfo bintan

Upacara dilaksanakan di Halaman Bandar Seri Bentan, Senin, tanggal 22 Mei 2023 pagi.

Bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Ia membacakan amanat tertulis dari Plt Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga Menkopolhukam RI, Mahfud MD.

Upacara Harkitnas 2023 di Kabupaten Bintan diikuti pejabat pemerintahan dan para pegawai. Foto – diskominfo bintan

“Belajar dari para pendiri bangsa, kita yang saat ini harus melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan. Indonesia saat ini semakin dikenal dunia, kepercayaan dunia kepada Indonesia yang kita genggam untuk kita buktikan bahwa bangsa yang besar ini adalah bangsa yang mampu,” tegas Roby.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan menginginkan Harkitnas tahun ini menjadi kebangkitan Bintan di berbagai sektor. Foto – diskominfo bintan

Ditemui usai Upacara, Bupati Roby sempat menyampaikan optimismenya terhadap kebangkitan Bintan di moment Hari Kebangkitan Nasional.

Menghormat Bendera Merah Putih sembari meniatkan diri mendorong kebangkitan Bintan. Foto – diskominfo bintan

“Slogan Bintan Bangkit kita wujudkan dalam berbagai bentuk kebangkitan yang belakangan ini sudah bisa kita lihat. Dari Daerah kita bangkit, secara nasional juga akan bangkit,” jelasnya.

Melansir sejumlah sumber, kebangkitan nasional memiliki makna yang penting bagi setiap daerah dalam suatu negara. Berikut adalah beberapa makna kebangkitan nasional bagi daerah:

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 dilaksanakan di Halaman Bandar Seri Bentan
  • Identitas dan Kepribadian Daerah: Kebangkitan nasional memainkan peran kunci dalam menggali, memperkuat, dan mempertahankan identitas dan kepribadian suatu daerah. Hal ini melibatkan pemahaman akan sejarah, budaya, bahasa, dan tradisi yang melekat pada daerah tersebut. Dalam proses kebangkitan nasional, daerah-daerah dapat menghidupkan kembali nilai-nilai dan warisan budaya mereka, memperkuat rasa kebanggaan dan identitas lokal.
  • Pemberdayaan Ekonomi Daerah: Kebangkitan nasional sering kali berdampak positif terhadap pemberdayaan ekonomi daerah. Melalui pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur, dan sektor ekonomi lokal, daerah dapat mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Hal ini mendorong penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat di daerah tersebut.
Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum bagi Pemkab Bintan untuk bangkit. Foto – diskominfo bintan
  • Otonomi dan Pemerintahan Daerah: Kebangkitan nasional juga dapat berkontribusi pada penguatan otonomi dan pemerintahan daerah. Dalam proses kebangkitan nasional, penting bagi daerah untuk memiliki keterlibatan yang lebih besar dalam pengambilan keputusan politik, sosial, dan ekonomi yang mempengaruhi mereka. Peningkatan otonomi daerah memberikan kesempatan bagi pemerintah setempat untuk mengatasi masalah yang spesifik untuk daerah mereka, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lokal.
  • Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Masyarakat: Kebangkitan nasional dapat membawa perubahan positif dalam kesejahteraan sosial dan pembangunan masyarakat di daerah. Dengan memperkuat sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur sosial, dan layanan publik, daerah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat secara keseluruhan. Kebangkitan nasional juga dapat mempromosikan inklusi sosial, keadilan, dan kesetaraan dalam masyarakat, serta mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi antar daerah.
Ucapan terima kasih kepada PNS yang sudah mengabdikan dirinya di Pemkab Bintan selama puluhan tahun. Foto – diskominfo bintan
  • Kebersamaan dan Solidaritas Nasional: Meskipun kebangkitan nasional berfokus pada pembangunan daerah secara lokal, itu juga memainkan peran penting dalam memperkuat ikatan kesatuan nasional. Dengan menghargai keanekaragaman budaya dan etnis yang ada di suatu negara, kebangkitan nasional dapat mempromosikan pemahaman, toleransi, dan solidaritas antar daerah. Ini penting dalam membangun harmoni sosial dan memperkuat persatuan dalam negara.

Secara keseluruhan, kebangkitan nasional memberikan peluang bagi daerah untuk memperkuat identitas, meningkatkan perekonomian, mendorong otonomi dan pemerintahan daerah yang lebih baik, meningkatkan kesejahteraraan.

Ucapan terima kasih kepada PNS yang sudah mengabdikan dirinya di Pemkab Bintan selama puluhan tahun. Foto – diskominfo bintan

Dalam momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, Pemerintah Kabupaten Bintan juga memberikan piagam penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah puluhan tahun mengabdikan diri untuk menjadi pelayanan bagi masyarakat. Sebagai ucapan terima kasih atas semua tanda jasa yang telah dicurahkan khususnya bagi Kabupaten Bintan. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...