Aunur Rafiq Lepas 146 Calon Jemaah Haji Asal Karimun

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Karimun di halaman Rumah Dinas Bupati Karimun, Selasa (23/5/2023).

Ada sebanyak 146 orang calon haji asal Karimun yang dilepas. Terdiri dari 79 jemaah perempuan, dan 67 orang jemaah laki-laki.

Bupati Aunur Rafiq memberikan sambutan.

Pelepasan atau pemberangkatan para jemaah diawali dengan doa selamat dan tradisi tepuk tepung tawar secara simbolis oleh Bupati Aunur Rafiq dan diikuti pejabat terkait lainnya.

Pelepasan para calon haji ini diiringi pukulan kompang dengan rintik hujan gerimis, serta isak haru masing-masing keluarga yang turut mengantarkan para CJH.

Bupati Aunur memberikan ucapan selamat menunaikan ibadah haji.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan dari data, total keseluruhan ada sebanyak 168 calon jemaah haji asal Karimun.

Hanya saja pada kloter pertama ini diberangkatkan 145 orang melalui Embarkasi Batam.

Bupati Aunur memberikan ucapan selamat menunaikan ibadah haji.

“Kloter pertama ini ada 146 orang calon jemaah haji. Sementara untuk sisanya akan diberangkatkan pada gelombang kedua,” ujar Bupati Rafiq.

Para calon jemaah haji yang diberangkatkan rata-rata berusia lanjut.

Bupati Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anwar Hasyim dan Sekda Muhammad Firmansyah.

Namun terdapat satu orang jemaah termuda dengan usia 23 tahun.

“Jemaah yang berangkat ini rata-rata usianya di atas 60 tahun. Tetapi secara keseluruhan kondisi fisik mereka dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Selain itu, selama pelaksanaan ibadah haji para jemaah akan didampingi panitia penyelenggara haji yang telah disusun Pemkab Karimun.

Calon Jemaah Haji Karimun menerima pesan sebelum keberangkatannya.

“Tentu manasik haji yang telah dilaksanakan panitia bisa sebagai modal dasar. Yang penting jemaah tetap menjaga kesehatan selama berada di sana,” ujarnya.

Rafiq juga berpesan kepada seluruh calon haji agar dapat menjaga kesehatan masing-masing selama menunaikan ibadah di Tanah Suci Mekkah.

“Dalam pelaksanaan ibadah, tentu memerlukan kondisi fisik yang fit. Kemudian jaga kekompakan, kebersamaan, saling membantu dan tolong menolong. Sempurnakan niatnya, jadikan manasik sebagai modal dasar,” ujarnya.

Pelepasan jemaah calon haji asal Kabupaten Karimun.

Dari ratusan calon haji yang berangkat ini, rinciannya dari Kecamatan Karimun 31 orang, Kecamatan Meral 39 orang, Kecamatan Tebing 28 orang, Kecamatan Meral Barat 5 orang, Kecamatan Kundur 25 orang, Kecamatan Kundur Utara 4 orang.

Disusul Kecamatan Kundur Barat 4 orang, Kecamatan Moro 1 orang, Kecamatan Durai 4 orang, Kecamatan Buru 1 orang, Kecamatan Belat 2 orang, dan Kecamatan Ungar 2 orang.

Sejumlah tamu undangan pelepasan jemaah calon haji Kabupaten Karimun.

Baca juga: Bupati Anambas dan Istri Pergi Haji, Bagian 48 Calon Jemaah Haji Tahun Ini

Nantinya, calon haji ini akan tiba di Madinah pada 24 Mei 2023 pukul 14.30 WAS.

Kemudian akan kembali ke Tanah Air dari Jeddah pada Selasa, 4 Juli 2023 pukul 00.10 WAS.

Kemudian diperkirakan sampai ke tanah air pada 4 Juli 2023 pukul 15.00 WIB, dengan menggunakan pesawat nomor penerbangan SV 5080. (suradi)

Foto – Diskominfo Karimun

Loading...