Pemkab Bintan Siapkan Bantalan Sosial Rp2,3 M Imbas Kenaikan BBM

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Bintan sudah memikirkan bantalan sosial akibat kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM.

Bantalan sosial di daerah merupakan arahan dari pemerintah pusat. Demikian disampaikan Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Kantor Bapelitbang Bintan, Selasa (6/9/2022) malam.

Rapat ini juga dibarengkan dengan vicon bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad untuk membahas persoalan yang sama.

Roby mengatakan Pemkab Bintan akan segera menjalankan sejumlah langkah strategis dalam upaya pengendalian laju angka inflasi atas harga kebutuhan pokok akibat lonjakan kenaikan harga BBM tersebut.

“Sesuai dari arahan Pemerintah Pusat maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan sendiri akan mengalokasikan sekitar dua persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) yaitu sebesar Rp2,3 miliar untuk program bantalan sosial,” ujar Roby.

Program itu juga diikuti pengecekan atas keterjangkauan harga, melakukan komunikasi yang efektif, memantau ketersediaan pasokan serta memastikan kelancaran distribusi bahan pokok.

Roby memerintahkan dinas terkait lebih intensif turun ke lapangan untuk mengecek harga pasar. Bahkan kalau diperlukan sampai ke jalur distribusinya.

“Kemudian harus mulai aktif jangan sampai ada penimbunan barang karena juga akan mengakibatkan harga bahan pokok naik tinggi. Karena disaat begini jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi, mencari keuntungan yang diluar batas kewajaran,” pinta Roby. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...