free page hit counter

Personel Polda Kepri Gugur Saat Kejar Teroris Poso di Sulawesi Tengah

Loading...

Suarasiber.com – Personel Satuan Brimob Polda Kepulauan Riau (Kepri) Brigpol Janwar Soba Wijaya gugur saat memburu teroris di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng).

Komandan Tim Kejar Alfa 19 Ambon (Dantim A19/A) ini hanyut di sungai-sungai Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Paringi Moutang.

Dikabarkan oleh Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Rendra Salipu, Ahad (26/6/2022), saat itu Bripka Anumerta Janwar sedang melaksanakan patroli rutin.

Peristiwa terjadi saat hendak menyebrangi sungai pada Jumat (24/6/2022) pukul 15.00 WIB.

“Dantim orang kedua yang terseret arus. Anggota yang pertama kali menyebrang sempat menarik ransel Dantim namun karena arus terlalu deras maka Dantim terbawa arus,” ujar Rendra.

Tiga personel pun menyisir area hingga 200 meter. Namun keberadaan Bripka Anumerta Janwar belum ditemukan.

Wadantim menugaskan tiga personel melapor ke posko. Kemudian enam tim Personel Polda Kepri beserta Basarnas Palu melakukan pencarian.

Ditemukan ransel dan rolling bed yang diduga korban pada jarak 1,5 kilometer dari lokasi hanyut. Dan pada Ahad (26/6/2022) pukul 12.40 WITA, Bripka Anumerta ditemukan sejauh 5,5 Kilometer dari lokasi kejadian.

Basarnas Palu menerima informasi hanyutnya Brigpol Janwar Soba Wijaya dari Kapolsek Sausau Iptu Asse.

“Kapolsek Sausu menginformasikan ke kami ada anggota hanyut terseret arus saat hendak menyeberang sungai di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Andrias Hendrik Johannes, Senin (27/6/2022).

Kepala Seksi Humas Polres Parigi Moutong, Iptu J Turangan mengemukakan, Tim Kejar Alfa 19/Ambon (A19/A) bagian dari Operasi Madago Raya. Tugasnya memburu daftar pencarian orang (DPO) teroris di Poso

Atas kejadian ini Kapolda Kepri, Irjen Aris Budiman memerintahkan Polda Kepri dan jajarannya mengibarkan bendera setengah tiang.

“Sehubungan gugurnya personel yang bertugas dalam Operasi Madago Raya 2022 di Sulawesi Tengah, Kapolda meminta Polda, Polresta, Polres dan Polsek jajaran mengibarkan bendera setengah tiang hari ini,” jelas Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, Senin (27/6/2022). (masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...