Gubernur Kepri: Biar Pusat Tahu Kami Serius Soal Pasar Ikan di Anambas

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dan Bupati Anambas Abdul Haris menyerahkan surat permohonan pembangunan pasar ikan di Anambas kepada pejabat di Kemendag.

Keduanya diterima Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu (5/4/2022).

“Kami serahkan secara langsung surat permohonan itu supaya pemerintah pusat tahu kalau kami pemda sangat serius menginginkan adanya pembangunan infrastruktur di Anambas,” ujar Gubernur Ansar.

Keinginan membangun pasar ikan di Anambas sebut Ansar bukan tanpa alasan. Potensi perikanan di Anambas yang memiliki bentang laut lepas dan dekat dengan Laut Cina Selatan sangat besar.

“Kami memproyeksikan Anambas bisa menjadi lumbung ikan di bagian barat Indonesia karena memang potensi perikanan sangat masif apabila dimaksimalkan secara serius,” katanya.

Tidak hanya kepada Menteri Perdagangan, surat yang dibawa Gubernur Ansar dan Abdul Haris juga ditujukan masing-masing pada Menteri PUPR dan Kepala Bappenas.

Melansir data dari BPS, produksi perikanan tangkap menurut jenis komoditi di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2021 mencapai 21.110 ton dengan akumulasi nilai sekitar Rp470 miliar.

Karena itulah pembangunan pasar ikan di Anambas diyakini Gubernur Ansar akan semakin mengangkat nilai ekonomi perikanan dengan semakin lengkapnya infrastruktur pendukung. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...