free page hit counter

Onde Mande, Rancak Bana, Dibangun Pabrik Rendang di Bulgaria

Loading...

Suarasiber.com – Dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, kini Rendang tak hanya bisa ditemukan di Padang atau Indonesia.

Duta Besar RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta, menginisiasi dibukanya pabrik Rendang di Bulgaria.

Program “Rendang Goes to Europe” ini diluncurkan Menparekraf Sandiaga Uno di Conrad Hotel Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022).

“Program Rendang Goes to Europe merupakan turunan dari program Spice Up the World yang digagas Bapak Presidan, yang bertujuan untuk mempromosikan kuliner nusantara ke tingkat internasional,” ujar Sandi.

Untuk memperkuat branding rendang di pasar internasional, lanjut Menparekraf, pihaknya berkolaborasi dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia yang turut digunakan dalam kemasan rendang.

Pabrik Rendang di Bulgaria akan dikelola oleh Bella Ltd. Sebelumnya, pemilik Bella Ltd, Dimitri Vintzilaios telah berkunjung ke tanah air untuk bertemu dengan para stakeholder dan mitra kerja.

Duta Besar RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta menyatakan, pasar produk Indonesia sangat terbuka di Eropa.

Pilot project dengan produk rendang ini diharapkan akan membuka pintu pasar produk Indonesia melalui Bulgaria ke pasar dunia.

Iwan menyampaikan rasa salut dan hormat kepada Sandiaga, juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta seluruh jajaran pemerintahan yang mendukung program Indonesia Spice Up The World: Chapter Bulgaria.

Pada kesempatan yang sama, pakar kuliner tanah air, William Wongso selaku mitra Bella Ltd menambahkan, proses pembuatan rempah di Indonesia akan menggandeng UKM yang bergerak dalam produksi bumbu rendang.

“Di Eropa itu orang Indonesia yang kangen masakan Indonesia itu jutaan. Karena kita tidak bisa mengekspor rendang, makannya kita ekspor bumbunya untuk dagingnya kita kerja sama dengan Bulgaria,” paparnya, melansir dari keterangan resminya, Sabtu (26/3/2022).

Pagi ini, Sandiaga mengunggah di Instagramnya ia tengah menuju Padang, Sumbar untuk mengabarkan kabar bahagia ini.

“Pagi ini saya sudah berangkat lagi menuju Padang, Sumatra Barat untuk menyampaikan kabar baik bahwa Rendang sudah siap diekspor ke Eropa. Saya akan menemui para pelaku kuliner yang ada di sana, memastikan mereka siap untuk mengambil peluang ini sehingga tercipta lapangan kerja yang lebih luas lagi,” ujar Sandi. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...