Lanudal dan Basarnas Tanjungpinang Gelar Pelatihan Evakuasi di Ketinggian

Loading...

Suarasiber.com – Lanudal dan Basarnas Tanjungpinang mengadakan pelatihan SAR bersaama di markas Basarnas, Batu 8, Selasa (22/2/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menempa para petugas agar memiliki kecepatan dalam merespon suatu kejadian dan terduga. Juga melakukannya secara profesional.

Danlanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Rivai menjelaskan sebagai pangkalan udara Angkatan laut, Lanudal Tanjungpinang harus mempersiapkan segala sesuatunya apabila terjadi hal-hal yang membutuhkan pertolongan dan pencarian korban dengan segera,

“Kami harus memiliki dan menyiapkan personel SAR yang cekatan untuk mendukung operasional di lapangan saat kejadian tak terduga,” ujarnya.

Di tempat sama, perwira Pelaksana Lanudal Tanjungpinang (Palaksa) Letkol Laut (P) M Zuhri pelatihan ini diikuti Sathanlan, Satang (satuan angkutan), polisi militer dan tim kesehatan Lanudal Tanjungpinang.

“Semua yang terlibat akan mengetahui apa tugasnya saat melakukan SAR,” ungkapnya.

Sementara Kasisumda Basarnas Eko Suprianto menjelaskan yang dipelajari ialah pelatihan SAR darat dengan skenario melakukan penyelamatan atau evakuasi korban dari ketinggian.

“Teknik evakusai ini didukung peralatan yang disesuaikan dengan kondisi korban dan lapangan,” kata Eko.

Selain meningkatkan performa peserta, pelatihan seperti ini diharapkan menjadi tukar menukar informasi terkait perkembangan teknologi dan peralatan SAR

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala satuan perawatan dan pemeliharaan pesawat udara Lanudal Tanjungpinang Mayor Laut (T) Pangkat S danKepala seksi operasi Basarnas Miswadi. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...