KKN Mahasiswa UMRAH Akan Bantu Pengembangan UMKM

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang, Kepri, bakal menyiapkan mahasiswanya yang melaksanakan KKN untuk berkontribusi pada pengembangan UMKM.

Hal ini disambut baik oleh Ketua DPC Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Tanjungpinang, Juma Aris, belum lama ini.

Saat ditemui di tempat usaha laundry-nya di Batu 10, Tanjungpinang, ia mendapatkan undangan terkait KKN tematik tadi.

Menurut Aris, KKN semacam itu akan memberikan semangat bagi para pelaku UMKM. Ia mengakui masih banyak pelaku usaha rumah tangga yang menjalankan usahanya berbekal pengetahuan seadanya.

Sementara publik atau pasar menghendaki bagaimana kemasannya menarik calon pembeli, bagaimana izinnya dan sebagainya. “Tentu mahasiswa yang diterjunkan bisa melakukan pendampingan, ini bagus sekali,” tutur Aris.

Program KKN tematik UMRAH dinilai Aris akan memperkuat kedudukan UMKM.

UMRAH bukan satu-satunya yang melaksanakan KKN Tematik. Menurut catatan suarasiber.com, sejumlah kampus juga melakukannya.

Pada 27 Mei 2021 lali misalnya, Divisi Pengabdian Mahasiswa atau KKN Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses mengadakan seremonial penerjunan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kesehatan untuk mahasiswa program studi Profesi Pendidikan Dokter, Kamis (27/6) secara daring.

KKN Tematik Kesehatan ini menerjunkan sebanyak 160 mahasiswa yang berasal dari program studi Profesi Pendidikan Dokter UMY yang akan diarahkan untuk fokus dalam bidang kesehatan dan ekonomi masyarakat dengan mengangkat tema Pengembangan UMKM melalui Penguatan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19.

Lalu pada 12 Agustus 2021 lalu, Universitas Jember tetap melaksanakan program KKN Back to Village 3, dengan mengarahkan mahasiswanya untuk membantu UMKM melalui Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19 yang akan dilakukan selama satu bulan.

Membantu UMKM berkembang di tengah pandemi juga menjadi fokus KKN mahasiswa STIE PGRI Sukabumi. Pada Maret 2021 diterjunkan KKN dengan tema Meningkatkan Kebertahanan UMKM, melalui KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM). (man)

Loading...