Mahasiswa FKIP Umrah Belajar Menjadi Guru Sungguhan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sejumlah mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjajal mengajar di beberapa sekolah. Salah satunya di SMPN 4 Tanjungpinang. Kegiatan ini merupakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Seorang peserta PPL kepada suarasiber.com, Kamis (13/12/2018) mengatakan ada 8 orang yang PPL di SMPN 4 Tanjungpinang. Mereka terdiri dari Jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi dan Matematika. Setiap jurusan mengirimkan dua mahasiswanya.

Kegiatan ini berlangsung dari Juli hingga desember 2018. “Kurang lebih lima bulan lamanya kami merasakan bagaimana mengajar di sekolah,” tuturnya.

Di lapanganlah ia dan teman-temannya mendapatkan ilmu bagaimana mengelola kelas, berperan menjadi guru serta mendidik siswa. Semua itu sangat penting untuk membekali peserta PPL kelak.

Baca Juga:

Peminta-minta Ini Dapat Bantuan Sembako dari Polisi

Warga Sumbar di Jemaja Menyatu lewat Arisan Bulanan

Nikmati Barbekyu Pergantian Tahun Baru di CK Tanjungpinang, Ini Paketnya

Peserta PPL lain, Asti bercerita, mengajar anak-anak SMP meninggalkan kesan yang tak bisa dilupakan. Ia tak memungkiri diantara begitu banyak siswa ada yang nakal, malas.

“Justru di lapangan kami belajar bagaimana menghadapi beragam karakter itu. Alhamdulillah PPL ini sangat berguna bagi kami. Kami belajar memahami, sabar dan banyak hal,” ujarnya.

Pada pelepasan PPL UMRAH hari itu, Kepala SMPN 4 Tanjungpinang M Dirman mendapatkan kenang-kenangan berupa gambar diri yang dibuat dengan teknik cutting sticker.

Kepada 8 mahasiswa UMRAH yang selesai menjalankan PPL di sekolah yang dipimpinnya, Dirman berpesan agar ilmu yang diperolah selama lima bulan bisa dijadikan pegangan. Dan ia berharap mereka menjadi guru yang mampu mengemban tugas layaknya seorang pendidik. (mat)

Loading...