Sejumlah Perairan Kepri Berpotensi Gelombang Tinggi

Loading...

Suarasiberdotcom – Sejumlah perairan di provinsi Kepulauan Riau diperkirakan mengalami peningkatan gelombang tinggi. Ini dikarenakan terjadinya peningkatan curah hujan yang berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, belum lama ini.

Dikutip dari kepriprov.go.id, Senin (23/11/2020) BMKG mengingatkan nelayan serta pengusaha dan pengguna transportasi laut untuk senantiasa waspada.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Arditho menjelaskan peningkatan gelombang laut tersebut diperkirakan terjadi di sekitar Perairan Natuna Utara dan Anambas.

“Ketinggian mencapai 1, 5 meter terjadi di dua perairan tersebut sehingga patut diwaspadai nelayan dan transportasi laut,” jelas Arditho, Jumat (21/11/2020) lalu.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Arditho menyatakan ketinggian gelombang di perairan Kepri akan mengalami penurunan dalam dua hari terakhir atau hari Minggu (22/11/2020) kemarin.

Namun demikian ada potensi meningkat kembali dalam dua atau tiga hari berikutnya,” ungkap Ardhito.

Ia juga menerangkan soal curah hujan yang meningkat dalam beberapa hari belakangan. Menurutnya, tingginya intensitas hujan diakibatkan bentukan awan yang berlangsung dalam waktu relatif singkat.

“Hujan dengan intensitas cukup tinggi ini diperkirakan berpotensi masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan,” pungkasnya. (mat)

Loading...