Kepri Terus Genjot Hasil Pertanian Kepri yang Berpotensi Diekspor

Loading...

BATAM (suarasiber) – Plt Gubernur H Isdianto menginginkan sektor pertanian di Kepri terus dikembangkan. Bahkan ia bercita-cita ada komoditas tertentu yang bisa diekspor.

“Di beberapa daerah sektor pertaniannya sangat bagus. Saya ingin terus berkembang sehingga bisa memenuhi kebutuhan Kepri bahkan jenis tertentu bisa diekspor. Dengan sendirinya masyarakat akan semakin sejahtera,” kata Isdianto di Graha Kepri, Batam, Selasa (7/7/2020).

Isdianto mengatakan pertanian akan mendapatkan serius dari pemerintah daerah. Namun itu bukan berarti sektor maritim dan pariwisata dibiarkan.

Ia mengaku senang jika ada hasil pertanian ditanam petani Kepri dan berpotensi untuk diekspor. Dengan demikian, petani tahu apa yang mereka usahakan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Ia pun mengingatkan agar selalu memantau harga jual. Isdianto tak menginginkan ada petani yang mengeluh lantaran begitu panen harga hasil buminya jatuh.

“Jangan sampai sudah menyiapkan lahan, sudah menanam. Ternyata harga rendah dan tidak menarik bagi petani. Akhirnya bangkrut,” tegasnya.

Sepanjang 2019, nikai ekspor pertanian Kepri mencapai angkat Rp4 triliun. Isdianto mengaku ingin lebih meningkat lagi. Namun, pandemi covid19 membuat beberapa sektor terganggu. Tapi ke depan dia berharap jumlahnya semakin meningkat.

Isdianto mengajak semua pihak bersinerni untuk meningkatkan sektor ini. Dengan terus berkembang, Kepri akan semakin maju.

“Seperti selalu saya sampaikan, dengan bersama kita pasti bisa. Saling bantu dan mendukung buat kemajuan Kepri,” ujar adik kandung H Muhammad Sani ini.

Informasi yang sampai ke telinganya, pekan depan ada rencana ekspor kelapa gading Karimun ke Malaysia. (man)

Loading...