Inilah Identitas Hacker Peretas 91 Juta Akun Tokopedia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tokopedia beberapa hari viral karena dilaporkan kebobolan 91 juta akun di platformnya. Lantas siapa sih hackernya?

Awalnya peretas dengan identitas Whysodank memublikasikan hasil kerjanya di raid forum pada tanggal 2 April 2020. Peretasannya sendiri dilakukan pada 20 Maret 2020.

Pada hari yang sama, namun sore hari, akun @underthebeach bercuit soal peretasan dan mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel. Dalam cuitannya ia mencolek akun resmi Tokopedia.

Ia mengunggah screenshoot yang isinya peretas masih harus memecahkan algoritma untuk membuka hash dari password para pengguna dan meminta bantuan hacker lainnya.

Di screenshoot tadi terlihat sebagian akun pengguna yang bisa dibuka lewat situs tersebut, termasuk nama, email, nomor telepon.

Akun @underthebeach pun menyebut peretasan dilakukan Maret 2020 dan berpengaruh ke 15 juta pengguna Tokopedia.

Kontan saja warganet Indonesia heboh. Pada Sabtu (2/5/2020) malam VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengakui adanya upaya pencurian data pengguna.

Namun Nuraini memastikan informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

Paginya, Minggu (3/5/2020) peretas ShinyHunters memposting thread penjualan 91 juta akun Tokopedia di forum darkweb bernama EmpireMarket. Bukan lagi 15 juta akun seperti disampaikan sebelumnya.

Semakin ramai saja, ketika kemudian situs Hackread kemudian mengunggah peretasan 91 juta akun Tokopedia. Semua akun dijual dengan harga Rp74 juta.

Minggu siang, kembali Nuraini melaporkan Tokopedia telah memeriksa dan mengkonfirmasi bahwa data pembayaran pengguna yang berupa kartu debit, credit card (CC), rekening dan OVO aman.

Lalu, apa yang bisa dilakukan pemilik akun di Tokopedia? Pakar keamanan siber, Pratama Persadha memberikan masukan agar mengganti password dan mengaktifkan OTP (one time password) lewat SMS. Lalu mengganti semua password dari akun medsos dan platform marketplace selain Tokopedia. (man)

Loading...