Polsek Tanjungpinang Timur Distribusikan Air Bersih untuk Warga

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Air bersih menjadi kebutuhan terpenting yang didambakan banyak warga Kota Tanjungpinang. Musim kemarau yang cukup lama melanda ibu kota Provinsi Kepri ini menimbulkan dampak kekeringan.

Tak pelak, tatkala ada bantuan air bersih warga langsung menyerbunya. Terbukti ketika 1 (satu) unit truk / lori tanki kapasitas 5000 liter yang mengangkut air bersih yang dikawal oleh mobil patroli Polsek Tanjungpinang Timur memasuki wilayah kampung Sidojadi, Jalan Merpati Km. 12, Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang Timur, Senin (15/03/).

Secara spontan warga masyarakat langsung mengeluarkan berbagai macam wadah penampungan air dari dalam rumah masing-masing seperti ember, drum, bekas kaleng cat hingga toples.

Pemandangan tersebut terlihat ketika Personil Polsek Tanjungpinang Timur yang dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Firuddin tiba di kampung Sidojadi untuk melaksanakan Bakti Sosial membagikan air bersih kepada warga masyarakat kampung Sidojadi, bakti sosial kali ini dilaksanakan berdasarkan keluhan Ketua Rt. 03 / Rw. 09, Kelurahan Batu IX, Bapak Syarif melalui Bhabinkamtibmas Batu IX yang menyampaikan bahwa di wilayah Kampung Sidojadi sudah mulai mengalami kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih.

Mengetahui hal tersebut, AKP Firudin langsung menghubungi 1 (satu) unit truk tangki dan mengarahkannya ke kampung Sidojadi untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan air yang akan dipergunakan untuk mandi, mencuci, memasak dan sebagainya.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si melalui Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Firuddin menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan bentuk respon spontanitas Polsek Tanjungpinang Timur dalam menanggapi keluhan warga masyarakat yang salah satunya adalah kebutuhan akan air bersih.

Kegiatan seperti ini sudah sering dilaksanakan dan jika memungkinkan akan ditingkatkan serta berkesinambungan.

Warga segera menyiapkan tempat air begitu mobil air bersih Polsek Tanjungpinang Timur datang. Foto – machfut/suarasiber

Polsek Tanjungpinang Timur akan berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dan semoga air bersih yang disalurkan semoga dapat membantu memenuhi kebutuhan warga sehari – hari seperti untuk mandi dan mencuci.

Ketua RT. 03 / RW. 09 Kelurahan Batu IX, Tanjungpinang Timur Bapak Syarif mengapresiasi kegiatan penyaluran air bersih bagi warga yang membutuhkan yang dilaksanakan Polsek Tanjungpinang Timur dan berharap terus berkesinambungan.

Sementara bagi warga yang sangat membutuhkan air karena kehabisan stok di penampungan mau tak mau harus membelinya. Rini, ibu rumah tangga di Perumahan Lembah Hijau, Kelurahan Batu IX selama sebulan terakhir sudah dua kali membeli air.

Menurutnya, air yang dibelinya digunakan untuk mandi dan mencuci. Padahal baju dewasa sudah dicuci di laundry, namun ia memiliki anak kecil sehingga tetap butuh air untuk mencuci. Satu kali pengantaran dengan kotak air besar harganya Rp60.000.

“Kalau untuk minum saya menggunakan air galon langganan,” ujarnya, dua hari lalu.

Ia tak sendirian, beberapa tetangganya juga melakukan hal serupa. Perumahan tempat Rini tinggal memang mengandalkan air sumur yang dibuatkan pengembang satu sumur per rumah. Namun banyak yang tak bagus airnya atau bahkan kering sama sekali. (mft)

Loading...