Jos… Peternak Sapi di Tanjungpinang Bisa Asuransikan Ternaknya

Loading...

Suarasiber.com – Pemkot Tanjungpinang mencarikan solusi untuk peternak sapi di kota ini agar semakin bersemangat serta percaya diri.

Solusi yang ditawarkan kepada peternak sapi adalah dengan mengasuransikan sapi, khususnya sapi betina produktif yang diterbitkan oleh PT Asuransi Jasa Indonesia.

“Pemerintah mencarikan solusi terbaik agar para peternak sapi selalu percaya diri mengembangkan usahanya,” ujar Rahma di Kelompok Tani Bangun Sari, Kampung Bangun Sari, Senin (1/11/2021).

Nilai asuransi per ekor sapi betina sebesar Rp200 ribu. Jumlah tersebut disubsidi Kementerian Pertanian Rp160 ribu sehingga peternak hanya membayar Rp40 ribu.

Dijelaskan Rahma, dengan mengikuti asuransi bila ada sapi mati mendadak, kecelakaan atau hilang maka bisa mengajukan klaim.

“Akan diberikan dana sebesar sepuluh juta rupiah per ekor,” tambah dia.

Dikatakan Rahma, kesuksesan program pengembangan budidaya ternak sapi menuntut kerja keras dari semua pihak termasuk pemerintah.

Wali Kota pun mengimbau penyuluh peternakan juga dokter hewan untuk terus menambah wawasan dan berbagi ilmu kepada peternak.

Pada kesempatan ini Rahma menyerahkan secara simbolis Polis Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) kepada perwakilan kelompok tani.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kepulauan Riau, drh Salfina Nurdin; Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), Yoni Fadri, ST; Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Pertahanan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau, dr. Honis Mandri.

Tak ketinggalan Camat Tanjungpinang Timur, Dody SE dan seluruh Lurah Tanjungpinang. (man)

Loading...