Imlek, Polda Kepri Kerahkan 1.327 Personel Amankan Kelenteng dan Vihara

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Polda Kepri mengerahkan 1.327 personel menjelang Imlek 2020. Untuk mengamankan kelenteng dan vihara yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Hal ini dijelaskan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S SIK MSi. Harry menambahkan sekitar 153 kegiatan ibadah di 121 vihara/kelenteng yang ada di wilayah Kepulauan Riau, yang diamankan.

Unsur pengamanan terdiri dari personel Polri, TNI dan stakeholder terkait. Sedangkan rincian kegiatan pengamanannya, adalah sebagai berikut :

Di wilayah Polresta Barelang

Pengamanan dilakukan pada 40 kegiatan ibadah di 30 vihara/kelenteng. Jumlah personel yang diterjunkan 417 orang. Terdiri dari 334 personel Polresta Barelang, 52 personel Dit Samapta Polda Kepri, 21 personel PHH Satbrimob Polda Kepri dan 10 personel Gegana Satbrimob Polda Kepri.

Di wilayah Polres Tanjungpinang

Pengamanan dilaksanakan pada 27 jegiatan ibadah di 26 vihara/kelenteng. Personel yang diturunkan 240 orang dari Polres Tanjungpinang.

Di wilayah Polres Bintan

Pengamanan dilaksanakan di 25 kegiatan ibadah di 25 vihara/kelenteng. Personel yang diturunkan berjumlah 102 orang dari Polres Bintan.

Di wilayah Polres Karimun

Pengamanan dilaksanakan di 32 kegiatan ibadah di 20 vihara/kelenteng. Personel yang disiapkan berjumlah 437 orang. Terdiri dari 377 personel Polres Karimun, 20 personel PHH Satbrimob Polda Kepri dan 40 personel TNI.

Di wilayah Polres Lingga

Pengamanan dilaksanakan pada 18 jegiatan ibadah di 14 vihara/kelenteng. Dengan jumlah personil pengamanan 53 orang dari Polres Lingga.

Di wilayah Polres Natuna

Pengamanan dilaksanakan pada 8 kegiatan ibadah di 4 vihara/kelenteng. Dan, melibatkan 43 personel yang terdiri dari 35 personel Polres Natuna, 6 personel TNI dan 2 personel Dishub.

Di wilayah Polres Anambas

Pengamanan dilakukan pada 3 kegiatan ibadah di 2 vihara/kelenteng. Dan, dengan melibatkan 35 personil pengamanan dari Polres Anambas.

Menurut Harry, Polda Kepri bersama jajaran TNI akan melaksanakan patroli bersama di setiap lokasi. Kemudian, melaksanakan sterilisasi di tempat ibadah.

Sterilisasi dilaksanakan Subden Gegana Polda Kepri. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Imlek.

Diimbau juga kepada seluruh masyarakat Provinsi Kepri, untuk menjaga dan memelihara keamananan serta ketertiban bersama di perayaan Imlek.

“Bersama kita jaga solidaritas dan toleransi antar umat beragama,” ajak Harry. (mat)

Loading...