free page hit counter

Udang Vannamei di Marok Kecil Menanti Dipanen Dirjen Perikanan Budidaya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr Ir Slamet Soebjakto MSi, tak ingin menyia-nyiakan momentum kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Ia akan datang lebih awal memenuhi undangan Bupati Lingga, Alias Wello.

Untuk meresmikan dimulainya pembangunan tambak udang dan industri pengolahannya seluas 836 Ha di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat yang dijadwalkan Minggu, (24/11/2019).

“Insya Allah, Pak Dirjen akan datang hari Sabtu (23/11/2019) atau sehari lebih awal dari jadwal acara. Beliau ingin melihat lebih dekat potensi perikanan budidaya di Lingga,” ungkap Staf Khusus Bupati Lingga, Ady Indra Pawennari kepada suarasiber.com, Kamis (21/11/2019).

Salah satu lokasi budidaya udang yang akan dikunjungi Slamet Soebjakto, adalah lokasi tambak udang yang dikelola oleh Koperasi Garda Terbilang di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan.

“Di sana, Pak Dirjen akan melakukan panen parsial udang vannamei yang dibudidaya secara intensif,” kata Ady.

Sementara itu, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ir Fini Murfiani, MSi, dijadwalkan akan berbagi ilmu tentang bisnis peternakan kepada peserta temu bisnis di Gedung Nasional Dabo, Singkep.

“Kementerian Pertanian melihat potensi pengembangan agribisnis peternakan di Lingga cukup strategis. Apalagi, posisinya berada di segi tiga wilayah pertumbuhan, yani Riau, Jambi dan Bangka Belitung,” jelas Ady.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko SIP, diagendakan membuka secara resmi acara temu bisnis yang akan dihadiri sejumlah pengusaha dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, mantan Panglima TNI tersebut, juga akan meresmikan sejumlah proyek strategis di wilayah Kabupaten Lingga, antara lain :

  1. Pembangunan tambak udang seluas 836 Ha di Desa Marok Tua, Kecamatan, Singkep Barat.
  2. Politeknik Lingga di Dabo, Singkep.
  3. Pembangunan pabrik pengolahan pakan ikan, dan ydang di Dabo, Singkep.
  4. Pembangunan pabrik tepung ikan di Dabo, Singkep.
  5. Pembangunan pabrik pengolahan air minum dalam krmasan (AMDK) di Daik, Lingga dgn Kapasitas 10.000 liter per hari.
  6. Pengoperasian IKM Kelapa Terpadu di Desa Resang, Kecamatan, Singkep Selatan.(mat)
Loading...