Deal, Tambak Udang Rp 1,2 Triliun Masuk Lingga

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Investasi bernilai sekitar Rp 1,2 triliun masuk ke Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga tahun 2018 ini. Di desa ini akan dibangun tambak udang lengkap dengan cold storage, pabrik pakan, dan fasilitas lain yang terkait.

“Nilainya sekitar Rp 1,2 triliun,” kata Bupati Lingga, Alias Wello menjawab suarasiber.com, Selasa (20/2/2018).

Rencana investasi di desa itu disampaikan dalam presentasi oleh PT Anugrah Pratama di Batam, Senin (19/2/2018). Presentasi disampaikan langsung oleh pimpinan perusahaan, yang didampingi ahli tambak udang.

Alias Wello hadir langsung bersama pimpinan dan anggota DPRD Lingga. Ikut serta juga staf khusus Bupati Lingga Ady Indra Pawennari. Dan, sejumlah kepala dinas terkait.

Awe, sapaan Alias Wello, menyambut baik rencana investasi tambak udang tersebut. Begitu juga dengan DPRD Lingga. Namun dengan tiga syarat.

“Bahwa setiap investasi yang masuk ke Lingga harus prorakyat. Dan, melibatkan lembaga ekonomi daerah. Kemudian, harus mampu menjaga keseimbangan lingkungan,” ujar Awe.

Pembangunan tambak tersebut akan dilaksanakan secara bertahap selama 5 tahun. Luas lahan keseluruhan sekitar 1.000 hektare. Untuk tambaknya sekitar 400 hektare, sisanya 600 hektare untuk berbagai fasilitas pendukung tambak.

Setiap tambak luasnya sekitar 2.500 meter persegi. Dan, dari setiap tambak ditargetkan bisa panen sekitar 9,6 ton udang segar. (mat)

Loading...