Kantor di Pinang, Wilayah Operasi Kogabwilhan I Meliputi Sumatera, Kalbar, Kalteng, Jakarta dan Jabar

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengunjungi Tanjungpinang untuk meninjau pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I di Dompak, Tanjungpinang, Kepri, Senin (25/11/2019).

Kogabwilhan TNI sendiri diresmikan 27 September 2019 silam. Ini merupakan salah satu porgam pemerintah untuk membangun dari pinggir. Juga sebagai bentuk hadirnya negara untuk melindungi penduduknya di seluruh wilayah NKRI.

Wilayah operasi Kogabwilhan I meliputi Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jakarta, Jawa Barat dan Banten, Selain itu juga mencakup wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Kedatangan Panglima TNI disambut Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. Sebelum meninjau lokasi Mako Kogabwilhan, dilaksanakan penyerahan hibah lahan lokasi pembangunan Makogabwilhan I dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau kepada TNI.

peninjauan lahan mako kogabwilhan 1 di dompak
Foto – twitter.com/setwankepri

Penyerahan dilakukan oleh Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, di Kantor Gubernur Kepri, Dompak. Dari DPRD Kepri tampak Wakil Ketua I Dewi Kumalasari, sejumlah perwira tinggi TNI – Polri dan beberapa pejabat Forkopimda Kepri.

Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri yang memberikan hibah tanah serta pihak terkait lain.

“Hibah ini hal yang positif sebagai wujud nyata keikutsertaan seluruh elemen bangsa untuk mendukung perwujudan pertahanan negara yang kuat dan disegani,” ujar Panglima TNI.

Sementara pembangunan Mako Kogabwilhan I di Dompak diselesaikan, kantor sementara di area Mako Korem 033/Wira Pratama. Panglima TNI juga meninjau kantor sementara seusai dari Dompak.

Penetapan lokasi Mako Kogabwilhan I sudah melewati pertimbangan aspek komando dan kendali, strategi militer dan insfratruktur pendukung yang sudah tersedia saat ini.

Dari tempat inilah nantinya Pangkogabwilhan I akan memberikan komando operasi kepada unsur-unsur TNI di wilayahnya untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI di darat, laut dan udara.(man)

Loading...